1300 AUSTS menerima bantuan Bupati Purbalinggga

Daftar Isi

Gambar Bupati Purbalingga menyerahkan bantuan kepada AUSTS

Purbalingga, Rabu 8 Januari 2020, 1300 Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUSTS) menerima bantuan Bupati Purbalingga melalui Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Purbalingga yang ditempatkan diPendopo Dipokusumo.

Ir.Setiyadi.M.Si selaku Kepala Dindikbud Purbalingga sekalilgus sebagai ketua panitia menyampaikan salah satu tugas Pemerintah yaitu meningkatkan kuwalitas pendidikan masyarakat serta usia anak sekolah dapat sekolah.


Program penanganan AUSTS merupakan program baru yang dimulai tahun 2016 yang oleh karenanya mungkin belum masif sehingga jumlah yang terdata masih dibawah 200 siswa.

Pada tahun 2017 terdata 551 siswa dan telah tertangani oleh prmerintah kabupaten, 2018 semakin meningkat penerimaanya sampai tahun 2019 ini mencapai 1300 siswa baik dari SD , MI ,SMP,Mts dan Paket A, Paket B.

Dana yang dianggarkan APBD Kabupaten Purbalingga mencapai 1milyar lebih. Yang dibagi menjadi dua kelompok meliputi anak yang baru Sekolah.

Siswa lanjutan SD MI mendapat bantuan sebesar 1 juta rupiah, SMP Mts 1,5 juta rupiah, Paket A 500 ribu paket B 750 ribu. Penerima bantuan terdiri dari 891 siswa baru dan 409 siswa lanjutan atau penerima austs yang masih aktif sekolah.

Ibu Diyah Hayuning Pratiwi,SE.B.Econ .MM. Bupati Purbalingga dalam sambutannya berterimakasih kepada Dindikbud Purbalinga, Kepala Kemenag Purbalingga, Korwilcam Se-Kabupaten Purbalingga serta Kepala Sekolah dan Orang tua yang telah hadir diPendopo.

Belia berharap bantuan tersebut semoga bermanfaat dan dapat meningkatkann motifasi belajar siswa siswa penerima agar sukses dimasa yang mendatang.

Sebab sektor pendidikan merupakan faktor terpenting keberhasilan dalam memajukan negara sesui dengan slogan HUT RI yang ke 74 'SDM Unggul Indonesia Maju', tambahnya.


Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus berusaha untuk meningkatnya SDM di Purbalingga dan meningkatnya
Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Bupati Menganggarkan dalam APBD 600 Milyar Untuk pendidikan diPurbalingga baik yang dinaungan Dindikbud dan Kemenag, jumlah tersebut sudah 30% dari APBD yang ada baik program fisik gedung serta gurunya.

1.2 Milyar dialokasika untuk penanganan austs yang diluar penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pemerintah Kabupayen Komitmen kedepan untuk penanganan austs untuk dapat mencapai 100% supya IPM meningkat, tingkat lama sekolah meningkat serta dapat mengurangi kemiskinan.

Bupati mengharapkan juga orang tua trus berjuang mnghantarkan harapan anak sampai tercapai dengan memperhatika pendidikan putranya sampai sukses dimasa depan dan bantuan yang diterima dimohon untuk digunakan membeli kebutuhan sekolah anak.

Program lain yang juga disiapkan penanggulangan austs adalah Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA), juga BAZNAS sudah siap ikut mengantisipasi apabila APBD tidak mampu menanggulanginya.

Diujung sambutannya beliau mdnyampaikan harapan bila masih ada anak yang belm menerima untuk dapat didaftarkan ke Dikdinbud atau langsung Laporka ke Bupati agar segara dapat ditindaklanjuti .
 Penerimaan melalui buku tabunhan yang akan dibagi diKecamatan masing-masing melalui tiap - tiap Korwilcam Dindikbud.

Prayitno