BAGAIMANA YAH HUKUM SHOLAT MEMBAWA AL-QURAN?

Daftar Isi

Gambar Sholat (kangprayit)

Kangprayit#MWCNUMenjawab
Kajian Bersama Kiyai Umar Abdul Fatah Syuriah MWC NU Kaligondang.

Sebelum menjawab pertanyaan, Kita ketahui bahwa Sholat lima waktu merupakan ibadah yang pertama dipertanyaka dialam kubur serta ibadah yang sangat sepesial karena Alloh Swt menurunkan perintah sholat tanpa perantara Malaikat Jibril namun langsung kepada Nabiyina Muhammad SAW dalam petistiwa Isro mi'roj.

Setiap muslim ingin sholatnya dinilai baik dalam melaksanakanya serta punya harapan besar diterima Alloh SWT, sehingga perlu kita perlu mengkaji dalam tentang ibadah Sholat.

Dalam pelaksanaan Sholat Sering kita menjumpai atau sering dihadapkan dengan pertanyaan - pertanyaan terkait dengan sholat yang muncul dimasyarakat awwam.

Sehingga kami perlu untuk hadir memberikan sedikit pengertian minimal agar ibadah yang kita jalani tidak ragu serta harapan semakin berkuwalitas.Amin.

Bagaimana sholat dengan membawa Al-Quran saat Sholat ?
Salah satu dari puluhan bahkan mungkin ratusan permasalah ibadah kita khususnya Sholat.

عن أبى هريرة
كانت عاءشة يؤمها عيدها ذكوان من المصحف
كتاب الاذان باب الإمامة العبد والمولى

Abu Hurairah meriwayatkan dari Aisyah Ia Berkata "Aisyah pernah di imami oleh budaknya Dzakwan, dan ketika ia membaca langsung dr mushaf" HR Bukhori kitabu Adzan bab imamatul 'Abdi wal Maulana.
Baca juga :https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/bagaimana-sih-mengahadapi-suami-yang.html?m=1

[ ] عن مليكة أن ءكوان اباعمرو كانت عاءسة عن اعتقته
[ ] عن دبر فكان يؤمها ومن معها فى رمضان المصحف
Dari Imam mulaikah mengatakan bahwa Dzakwan yang nama laqobny Aba 'amrin mengimami Ibu 'Aisyah dan orang yang bersamanya dalam bulan Ramadlon dengan membawa AL Qur'an.

كتاب مجموع شرح المهذب للامام النواوى
"لوقراء القران من المصحف لم تبطل صلاته سواء كان يحفظه ام لا, بل يجب عليه ذلك إذا لم يحفظ الفاتحة
كما سبق، ولو قلب أوراقه أحيانا فى صلته لم تبطل.

Dalam kitab majmu' syarah Muhazab karya imam Nawawi Annawawi bahwa membaca Al Qur'an dengan membawa mushaf atau Al Qur'an tidak membatalkan sholat baik dia hafal ataupun tidak, bahkan menjadi wajib bagi seseorang yang sholat namun membaca Surat Al-Fatihahnya belum bisa atau tidak hafal dan ketika dia membuka lembaran Al Qurannya tidak membatalkan Sholat.

Demikian sedikit pembahasan kami tentang sebagian kecil permasalahan sholat semoga bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurang ,InsyaAlloh akan ada pembahasan yang lainya.

Prayitno