Biyar hutang cepat lunas, ini doa dan 10 adabnya

Daftar Isi

Foto jamaah MT.Irsyadul Awwam Sidanegara
(Foto kangprayit)

Adakah doa supaya segera dapat melunasi hutang yah? Bagaimana mengamalkanya?

Kajian yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam (PAI ) NON PNS Ustad Prayitno.S.Pd.I dalam pengajian Rutin MT.Irsyadul 'Awwam Sidanegara pada Jumat(17-01-2020).

Baca:https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/keistimewaan-asmaul-husna-dan.html?m=1

Manusia disebut juga makhluk sosial artinya makhluk yang tidak dapat hidup tanpa batuan orang lain dengan kata lain selalu membutuhkan bantuan orang lain .

Sehingga dalam kehidupan pasti terjadi interaksi satu manusia dengan yang lainya, salah satunya saling menolong atau hutang piutang baik hutang sedikit atau banyak bahkan mungkin ada yang terjerat hutang.

Sehingga munculah pertanyaan adakah doa agar kita mudah untuk segera melunasi hutang?

Sebelumnya perlu kita ketahui:
1.Definisi Doa
Doa secara bahasa artinya : memohon
Secara istilah :
Doa merupakan suatu permohonan atau permintaan yang bersifat baik terhadap Allah SWT, seperti meminta kesehatan, keselamatan, rezki yang halal dan tabahan dalam menjalani kehidupan.

Baca juga:https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/ternyata-ada-5-waktu-yang-tidak.html?m=1

2.Dasar perintah Berdoa
Dalam Al Quran
Allâh Azza wa Jalla berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].

Baca juga :https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/kaligondang-jumat-10-januari-2020.html?m=1

3.Hukum berdoa
Hukum berdoa adalah wajib sebab kita diperintakan Alloh untuk berdoa seperti dalam ayat diatas, bilamana manusia tidak berdoa seumur hidupnya maka dia berdosa.Selain itu berdoa adalah ibadah, bahkan bila mana kita tidak berdoa maka kita termasuk orang yang sombong.

4.Adab berdoa agar mustajabah
Imam ghozali dalam kitab Ihya Ulumudin menyampaikan 10 adab berdoa agar mudah terkabul (maqbul):

1. Memilih waktu-waktu tertentu, seperti hari Jumat, hari Arofah, bulan Romadhon, waktu sahr di malam hari.

2. Mengambil keutamaan dari keadaan yang mulia atau dimuliakan Alloh seperti saat hujan deras turun, waktu menunggu sholat jamaah, waktu berjihad, waktu antara adzan dan iqomat.

3.Menghadap kiblat dan mengangkat tangan sampai hampir ketiaknya terlihat.

Foto Jamaah selesai mengikuti pengajian rutin
(Foto kangprayit
)

4. Merendahkan suara, di antara jahr dan khafi.
5. Bedoa dengan tadhoru’, jangan memaksakan dengan perkataan berbunga-bunga.
6.Berdoa dengan penuh harap, dengan merendah kiri di hadapan-Nya.Yaqin bahwa Alloh akan mengabulkan doanya. Bahwa kapan terkabul-Nya memang hak Alloh.

7. Berdoa dengan penuh harap, dengan merendah kiri di hadapan-Nya.Yaqin bahwa Alloh akan mengabulkan doanya. Bahwa kapan terkabul-Nya memang hak Alloh.

8. Memohon dengan sungguh-sungguh, sampai tiga kali, dan tidak tergesa-gesa minta dikabulkan. Al-Ghozali meriwayatkan bahwa seorang ahli ibadah dan ahli hikmah saja ada yang 20 tahun berdoa dan baru Alloh mengabulkan doanya.

9. Jangan langsung berdoa, perlu berdizkir lebih dulu atau diawali dengan menyebut kesucian Alloh, pujian, dan sholawat kepada Kanjeng Nabi, baru setelah itu berdoa. Dan kalau ada tanda-tanda diijabahi hendaklah mengucapkan pujian kepada Alloh, syukur.

10. Adab-adab batiniahnya dilakukan, seperti bertaubat, tidak suka menyebarkan fitnah, dan mengembalikan hak-hak orang yang dizhalimi, tidak dalam keadaan bersuci, makan dengan makanan yang haram, tidak menumpahkan darah, ikhlas, dan lain-lain

5.Doa supaya segera dapat melunasi hutang.
Ternyata dalam islam begitu lengkap sampai doa untuk segera dapat melunasi hutang seperti doa dibawah ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ
الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Semoga bermanfaat.amiin.
Mohon maaf segala kesalahan.(prayitno).
#kangprayit