Gerakan dalam Sholat Kajian kitab Fathul Qorib FKPAI Kaligondang

Daftar Isi


Gambar pertemuan FKPAI KUA Kaligondang(kangprayit)

Inilah Jumlah Gerakan dalam Shalat
(Disampaikan oleh Kyai Umar Abdul Fatah)

KALIGONDANG - Pertemuan rutin Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS KUA Kaligondang setiap hari Jumat (10/1/2020), selain kegiatan pembinaan juga mengkaji Kitab Fathul Qorib karya Syaikh Imam Nawawi bab rakaat sholat fardlu halaman 96.

Sebelumnya kita ketahui bahwa sholat fardlu merupakan ibadah yang istimewa dan ulama mengatakan bagaikan wajah, bila wajah dilihat cantik, ganteng, indah, menarik maka seluruh tubuhnya akan dinilai baik, begitupula jikalau sholat kita baik maka seluruh amal kita akan dinilai baik.

Gambar teks kitab fathul Qorib hal 96

Jumlah rakaat fardlu ada 17 rakaat yang didalamnya ada 34 sujud ,94 takbir ,9 tasyahud 10 salam ,153 tasbih dan jumlah rukun dalam sholat ada 126 didalam sholat subuh 32 didalam sholat maghrib ada 42 rukun, didalam sholat yang empat rakaat ada 54 rukun.

Bacajuga: https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/bagaimana-yah-hukum-sholat-membawa-al.html?m=1

Begitu wajibnya sholat lima waktu, dalam kondisi apapun yang kita mampu melakukan sholat dan akal masih sehat kita masih wajib melakukannya.

Barangsiapa yang tidak mampu berdiri ketika sholat fardlu atau wajib maka sholat dapat dilakukan dengan duduk, yang tidak mampu sholat dengan duduk solusinya sholat dengan tidur miring seperti posisi mayat dalam kubur.

Baca juga :https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/bagaimana-sih-mengahadapi-suami-yang.html?m=1

Sedangkan bilamana seseorang sholat dengan tidur miring tidak mampu maka sholat dengan tidur terlentang, bila tidak mampu dengan tidur terlentang maka sholatnya deng isyaroh boleh dengan anggota tubuh yang masih mampu bergerak misalnya tangan atau mata.

Bagi yang sholat dengan terlentang sebaiknya dengan posisi kepala lebih tinggi dari pada badanya dapat dibantu dengan bantal atau kalau dirumah sakit setelan ranjang bagian kepala dapat di naikan dan bila masih memungkinkan untuk menghadap qiblat.

Yang mampu sholat dengan tidur miring mska lebih utama daripada sholat terlentang.

Orang yang sholat hanya mampu dengan duduk saja maka tidak mengurangi pahala dikarenakan dia berhalangan /ma'dzur.

Semoga bermanfaat serta kita diberikan hidayah dan pertolongan Alloh Swt agar kita istiqomah ibadah sholat dan insaalloh kita akan membahas tentang sholat dan bab lainnya.amiin.

Prayitno
PAI NON PNS.