MENENGOK PAC FKDT KALIGONDANG, 75 USTAD HADIRI PERTEMUAN

Daftar Isi

Foto pertemuan triwulan PAC FKDT Kaligondang
(foto kangprayit)

KALIGONDONG.19 Madin dan 80 Ustad Madrasah Diniyah (MADIN) Dikaligondang mengikuti kegiatan pertemuan rutin tiga bulanan (Tri Wulan) yang dilaksanakan Pada hari Ahad (19-01-2020) diMadin Al Khikmah Desa Sinduraja.

Ahmad Sobirin sekertaris FKDT Kaligondang mengatakan 'Kegitan triwulan ini sudah dilaksanakan mulai dari tahun 2009 lalu dan terus berjalan sampai saat ini walau beberapa kali sempat fakum namun berkat reorganisasi maka kegiatan tri wulan kembali terus semangat'.

Mujiono Selaku Kepala Madin Al Hikmah Menyampaikan "Ucapan Selamat datang dan mohon maaf serta mohon doa restu agar diberikan keistiqomahan dalam ikut berjuang dibidang pendidikan Agama Islam dalam hal ini melalui Madin untuk mendidikan Santri agar menjadi Anak Sholih Sholihah".

Baca juga: https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/bayar-hutang-cepat-lunas-ini-doa-dan-10.html?m=1

Dalam kultum yang disampaikan Ustad Ahmad Prayitno Bab Awal membahas tentang keutamaan ilmu, Ulama, Belajar dan Mengajar diantara keutamannya adalah
1. Orang yang berilmu akan diangkat drajatnya oleh Alloh SWT.
Sesuai dengan potongan Fiman Alloh Swt dalam Q.S. Almujadalah 11.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Yang artinya: niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Arti secara kontekstual bahwa Alloh Swt Akan mengangkat drajat Ulama dari kalian sebab mereka mengumpulkan atau memiliki ilmu dan mengamalkan ilmunya.

Baca juga:https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/keistimewaan-asmaul-husna-dan.html?m=1

2.Orang yang Berilmu drajatnya melebihi orang Umum.

Sesuai dengan apa yang dikatakan ibnu 'abas RA. ' Darojatul 'ulama fauqol mu'miniina bisab'i miati darojatin ma bainadarojataini khomsumiati 'aamin'
Artinya:
Drajat Ulama diatas orang Mukmin berbanding 70 drajat sedang jarak antara dua drajat jaraknya 500 tahun.

3.Orang yang berilmu akan dipuji Oleh Alloh Swt.

Sesuai dengan firman Alloh Q.S. Ali imran ayat 18.

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

18. Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

Secara kontekstual bahwa Alloh mengawali dengan memuji dzatnya kemudia memuji malaikat dan ketiga memuji Ahli ilmu atau orang Alim , ini menunjukan cukuplah sangat tinggi drajat orang yang berilmu menduduki level ketiga setela Alloh Malaikat.

Baca juga :https://kangprayit.blogspot.com/2020/01/type-your-search-query-and-hit-enter.html?m=1

4.Orang yang berilmu (jamak ulama) adalah orang yang paling khuwatir dan takut kepada Alloh.

Sesuai dengan Firman Alloh Swt Q.S. Al fathir 28:

( إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ )

“Sesungguhnya di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah para Ulama, sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS Surat Fathir: 28)

Menunjukan bahwa seorang ulama tingkat kekhuwatiran dan takutnya, ketakwaanya melebihi atau diatas manusia secara umum.

Foto M.Aminudin (ketua FKDT Kaligondang) Sekertari dan Kepala dan Ustad Madin Al hikmah
 (foto kangprayit)

Ketua PAC FKDT Kaligondang Muhammad Aminudin, M.Pd.I menyampaikan" Evaluasi Kegiatan Semester Gasal terkait Soal dan Raport yang sudah sesuai dengan mata pelajaran yaitu 7 mata pelajaran dan ada kolom Ekstrakulikuler dan harapannya agar masing masing Madin memiliki Ekstrakulikuler "tambahnya.

Buku ajar Madin juga menjadi sorotan ketua PAC FKDT Kaligondang agar kedepan Buku Ajar atau buku ajar dapat diseragamkan sesuai dengan buku yang terbaru dikeluarkan oleh Kementrian Agama serta kesiapannya untuk pengadaannya.

Administrasi tidak luput dari pembahasan keterkaitan Data Emis dan SIMM DATA diharapkan setiap tahun saat pendataan online seluruh Madin dapat tergarap sampai selesai dan alhamdulilah dari 19 madin dikaligondang tahun 2019 dapat terselesaikan.

Administrasi yang perlu dilengkapi meliputi Rapot, Absensi, Bahan ajar, Buku induk, jurnal , daftar hadir Ustad guna laporan Keuangan yang telah diterima dari Propinsi.

Sri Rahayu, SH. Mengusulkan pengadaan Administrasi tidak hanya bagi yang menghendaki namun seluruh Madin wajib memiliki dan diFasilitasi PAC FKDT Kaligondang.Hal ini ditanggapi oleh Ketua Pac Aminudin kesiapannya pengadaan administrasi.

Penyampaian Informasi Keuangan Pac Fkdt disampaikan bendahara Ustad Fauzan Sisa Saldo Kas 2019 sebesar Rp 3.249.900. Pada 2020 saldo kas sementara Rp 5.379.900 belum termasuk pemasukan kas dari pelaksanaan Tes semester gasal, pengeluaran kas kabupaten 1.100.000 total kas Pac Fkdt Kaligondang 4.279.900 (belum kas tes semester).

Pasa sesi musyawarah disepakati Pengadaan Administrasi lengkap dan Buku serta difasilitasinya bagi yang mau mengajukan Akta Notaris .

Terimakasih semoga manfaat .(prayitno)
#kangprayit
Fans page kangprayit.