Mengukir prestasi SD Negeri 1 Pagerandong Kaligondang sabet 2 kejuaran FLS2N.

Daftar Isi
Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pagerandong Hastin Widiyanti.S.Pd.M.Pd. dan Ahyan Febriyanto dan Muhammad Nizar juara cabang Pantomim FLS2N tingkat Kacamatan Kaligondang (27-02-2020) (foto:kangprayit.com).

KALIGONDANG.kangprayit.com.Kamis (27-02-2020) SD 1 Pagerandong Kaligondang mengukir prestasi sabet dua kejuaraan sekaligus dalam Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Koorwilcam Kaligondang pada cabang lomba Pantomim dan Gambar Bercerita pagi tadi di SD 1 Kalikajar.

Ahyan Febriyanto dan Muhammad Nizar menjadi terbaik 1 dari cabang lomba Pantomim sedangkan Zainal Abidin menjadi terbaik 1 cabang lomba cerita bergambar mereka saat ini masih duduk dikelas 5 SD N 1 Pagerandong.

Ajang lomba untuk mencari siswa - siswi berprestasi dari 35 SD diKecamatan Kaligondang ini untuk mendapatkan siswa yang terbaik di tingkat Kecamatan yang selanjutnya akan mewakili di tingkat Kabupaten sampai tingkat Propinsi.

Arif Prayitno.S.Pd. selaku Wali Kelas 5 sekaligus pembina mengatakan pihaknya sangat puas dengan hasil ini dan akan terus berlatih persiapan ditingkat Kabupaten agar memperoleh hasil yang maksimal "Saya akan memanfaatkan waktu 5 minggu yang tersisa untuk terus berlatih agar harapan menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Purbalingga tercapai".

Penyerahan Piala Oleh Panitia cabang lomba Gambar Bercerita kepada Juara 1 Jaenal Arifin didampingi Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pagerandong Hastin Widiyanti.S.Pd.M.Pd.  (27-02-2020)
 (foto: kangprayit.com)

"Rasanya plong (baca: lega) tanggung jawab sebagai Guru Kelas 5 yang notabennya sering disebut Guru event bisa menetaskan hasil untuk kejuaraan anak, alhamdulillah bisa mempertahankan prestasi tahunan" tambahnya.

Guru yang pernah menjadi juara 3 Guru berprestasi ini menyampaikan harapannya "kedepan jika masih diberi kesempatan tempat tugas yang sama, semoga angkatan berikutnya dalam arti kelas di bawahnya lebih termotivasi lagi untuk berprestasi separti kakak - kakak mereka".

Arif Prayitno yang lebih dikenal Kasino ini mengatakan "Ada 2 kandidat anak sebetulnya yang berpotensi dalam ajang gambar bercerita untuk SD N 1 pagerandong, tetapi untuk keadilan kita ambil satu anak yang memang belum pernah dapat kejuaraan karena hanya satu yang diperbolehkan menjadi wakil setiap SD. Padahal kandidat atau siswa yang satunya sudah lebih dahulu memenangkan kejuaraan desain batik tingkat kabupaten Purbalingga saat event hari batik beberapa bulan lalu".

Pengalaman Arif Prayitno sudah tidak diragukan lagi pihaknya menyampaikan "Oya ada hal yang unik disetiap event yang akan kami ceritakan disini, latah kebanyakan SD saat memilih anak untuk lomba biasa fokus pada anak yang prestasi akademiknya bagus tidak jarang satu anak bisa mewakili banyak cabang lomba, akan tetapi ujicoba selama 5 tahun dengan berbagai tingkat akademik ternyata bisa tembus juara terus, kesimpulanya anak dengan nilai akademik yang kurang bagus bahkan oleh Guru lain tidak dilirik untuk masuk nominasi justru di event tertentu jika kita bidik tepat dan pembinaan terus menerus dapat tembus di lomba - lomba tertentu".

Harapan Guru Prestasi ini yang belum terwujud adalah sampai di tingkat Propinsi sebagaimana yang dikatakanya "Khusus gambar bercerita satu misi belum terwujud adalah berangkat ke ajang FLS2N Provinsi Jateng, sementara SD N 1 Pagerandong baru tembus juara 2 Kabupaten Purbalingga pada tahun 2017 juara 1 Kabupaten Gambar bercerita dan  dua kejuaraan Gambar bercerita juara 1 dan 2 tingkat Kecamatan semoga kedepan artis - artis lukis SD Pagerandong 1 ada yang mewakili Purbalingga di event FLS2N tingkat Provinsi".

"Potensi di SD N 1 Pagerandong sangat bagus dan banyak karya yang dihasilkan anak bisa dicek di akun Instagram resmi milik SD n 1 pagerandong @sdn1pagerandong" tambahnya.

Tiga cabang unggulan SD N 1 Pagerandong dalam event - event Kecamatan dan Kabupaten yaitu gambar, pantomim dan kaligrafi terbukti beberapa piala sudah dikantongi SD yang terletak di pedesaan dan dataran tinggi ini.

Kepala Sekolah SD N 1 Pagerandong Kaligondang Hastin Widiyanti.S.Pd.M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasihnya "saya mengucapkan terima kasih kepada Ananda Ahyan Febriyanto, Muhammad Nizar, dan Zainal Abidin yang sudah berusaha maksimal dan telah memberikan yang terbaik di hari ini, semoga disusul kesuksesan ditingkat selanjutnya, tetap berlatih dan konsisten pada tujuan".

Kepala Sekolah yang masih muda ini juga menyampaikan pesannya kepada para pemenang "Menang dalam pertandingan bukan hanya ketika juara saja, tapi juga ketika kita bisa melawan rasa malas dan rasa takut dalam diri untuk bisa menampilkan yang terbaik".

"Terimakasih juga pada pak Arif selaku pembina, dan semua dewan guru yang telah bahu membahu turut melatih para siswa hingga mencapai kesuksesan dalam kegiatan FLS2N sebagai juara 1 lomba pantomim dan juara 1 lomba gambar bercerita di tingkat Kecamatan Kaligondang, saya berharap dan berdoa semoga ditingkat selanjutnya juga meraih kemenangan" tambahnya.(Ahmad Prayitno)