'MIMANU' Penolih Purbalingga segudang kegiatan pembentukan Karakter.

Daftar Isi
Kegiatan Bersih - bersih Masjid
sekitar MIMANU Penolih Kaligondang Purbalingga.
( foto: kangprayit )

Kangprayit.com.PURBALINGGA.Demi meningkatkan prestasi dan terbentuknya karakter peserta didik, Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nahdatul Ulama (MIMANU) Penolih,Kaligondang, Purbalingga Jateng , mengadakan kegiatan literasi dan ekstrakulikuler yang banyak untuk peserta didiknya.Selasa (25-02-2020).

H.Ahmadi.S.Ag.M.Pd. (44 tahun) Selaku Kepala madarasah menyampaikan" kegiatan kami yang sifatnya harian atau mingguan tergolong sangat padat mulai dari sebelum masuk pelajaran sampai setelah pulang sekolah atau ekstrakulikuler" pada hari Rabu (19-02-2020).

Kepala Madrasah yang masih tergolong muda ini menambahkan " tujuan dari kegiatan yang banyak ini tidak lain demi keberhasilan prestasi peserta didik kami baik akademik atau non akademik serta membentuk karakter siswa kami".

Setiap hari aktifitas dimulai jam 06.30 wib. menggelar deklit (baca: alas diduk/ trepal) dihalaman dengan kegiatan pembacaan surat pendek, nadhoman asmaul husna, shalawat asghil, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Mars Ma'arif, subhanul wathan dan diakhiri yel yel penyemangat.

Usai kegiatan dihalaman, guru masuk ke ruang guru, do'a bersama, pembacaan visi misi, pembacaan 5 budaya kerja dan akhiri breafing.

"Selain itu kegiatan yang bersifat harian adalah sholat dhuha, pembelajaran Al Qur'an dan sholat dzuhur berjama'ah" tambahnya.

Mingguan hususnya hari Jumat berupa kegiatan HIMTAQ yaitu pembacaan tahlil dengan pakaian Guru dan Peserta didik adalah baju muslim dan menggunakan sarung serta dalam rangka mengenalkan NU siswa mengenakan peci hitam berlogo NU dalan kegiatan tersebut.

Setelah kegiatan hari iman dan taqwa (HIMTAQ) dilanjut makan bersama bekal makan sehat yang dibawa dari rumah oleh masing masing siswa.

Sedangkan kegiatan pada setiap hari sabtu diadakan kegiatan senam atau jalan sehat dan dilanjutkan potong kuku sebagai pengamalan menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri.

Masih ditambah dengan kegiatan ekstrakulikuler secara rutin, pada hari Senin Seni baca Al Qur'an atau Tilawah dan Pencak Silat pagar nusa, dihari Selasa Hadroh, Kamis Sepak Bola, dan pada hari sabtu kegiatan Pramuka.

Setiap Sabtu minggu 1 dan 2 senam, minggu 3 bersih lingkungan masjid dan mushola yang ada didesa Penolih, minggu 4 atau minggu terakhir jalan sehat.

H.Ahmadi menambahkan "Demi tercapainya prestasi siswa kami memberi pelatih tidak asal - asalan kami datangkan pelatih profesional dibidangnya, semua ditangani oleh tenaga profesional selain dari tujuan mengembangkan bakat dan minat siswa.

"Sedangkan bagi siswa masih ada penambahan jam pelajaran khusus bagi anak yang lamban dalam calistung setelah KBM" tambahnya.

Mengenai prestasi H.Ahmadi menyampaikan "Sudah banyak prestasi yang kami raih bahkan terbaru minggu kemarin pada hari sabtu (15-02-2020) kami mendapat Juara 3 pesta siaga tingkat kwarran Kaligondang.

"Anak didik kami juga multitalent selain sebagai vokalis hadroh 'Lintang Sanga', tahun kemarin menjadi juara 3 MTQ Pelajar tingkat Kabupaten Purbalingga, siswa multi talent itu bernama Laeli Nurlita yang sekarang duduk di kelas 5, selain ikut lomba MTQ dan juara dia juga mengikuti lomba Hadroh dan mendapat juara Harapan 3 tingkat Kabupaten Purbalingga".Ujarnya.

Salah satu orang tua yg bernama Miswati mengataka "saya sangat bangga bisa menyekolahkan anaknya di MI Ma'arif NU Penolih, karena anak tidak hanya belajar ilmu teori saja tapi adanya ekskul sangat baik dampak postifinya yaitu anak saya memiliki rasa percaya diri dan mudah mudahan ini menjadi bekal untuk menjadi calon-calon pemimpin".

Ahmadi juga menyampaikan "Siswa kami 142 siswa dan alhamdulilah setiap tahun siswa kami mengalami peningkatan, yang mana 10 tahun yang lalu cuma memiliki100 an siswa, Guru yang ada 8 Guru dan 1 tenaga kebersihan.
Kami juga memiliki 6 ruang kelas, perpustakaan, UKS, gudang, ruang Guru, ruang Kepala dan koperasi". ( Ahmad Prayitno).