3 Warga Sidanegara terima "RRTLH", Pemdes gelar Musdes.

Daftar Isi
SIDANEGARA (kangprayit.com) Selasa (10-03-2020) Kepala Desa Sidanegara Paryono umumkan 3 warganya segera menerima Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RRLTH) dari bantuan Gubernur (BAN-GUB) mendatang.

3 Warga Sidanegara terima "RRTLH" Ban-Gub, Pemdes gelar Musdes.
Peserta Musdes Program RRLTH
Desa Sianegara, Selasa (10-03-2020)
(Foto:kangprayit.com)

Paryono menyampaikan " setelah saya kordinasi dengan kepala dusun (Kadus) tentang penerima kami sudah mencalonkan nama - nama yang menerima program RRLTH dari Ban-gub Pemprof Jawa Tengah dari Kadus 1 Madreja, Kadus 2 Yastuji, Kadus 3 Narsudi".

Calon penerima program RRTLH dari Bantuan Keuangan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah tahun 2020 di ambil dari data basis data terpadu desa Sidanegara dan disepakati peserta Musyawarah Desa (MUSDES).

Selain 3 penerima bantuan dari Ban-gub pemerintah desa berjanji akan anggarkan dari Dana Desa (DD) sebanyak 6 warga dan akan di salurkan setiap RW menerima 1 program RRTLH dengan anggaran 12 juta.

Kepala Desa selaku pemimpin MusDes menambahkan "bila Pemerintah Desa masih menerima Dana Desa dan masih ada masyarakat yang rumahnya tidak layak huni pemerintah desa akan alokasikan untuk warga yng berhak menerimanya".

Paryono juga menyampaikan harapannya "kami bagi para pelaksana program RRLTH dan ketua RT dalam program RRLTH tahun ini lebih mengutamakan lantai tidak seperti sebelumnya dinding yang di utamakan malah lantainya masih tanah"

Kepala Desa Sidanegara mengharap warga diminta swadaya guna meringankan beban penerima program RRLTH.

"Pemerintah Desa tahun ini menerima DD sebesar 1milyar 21 juta kami merencanakan 40 % alokasi dana untuk sarapras dan 60 % akan dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat" tambahnya.

Alhamdulilah Desa Sidanegara juga mendapatkan bantuan husus sebesar 400 juta dari pemerintah Propinsu Jawa Tengah.

Warga yang belum menerima program RRLTH pada tahun ini dimohon bersabar akan dialokasikan pada tahun 2021 mendatang.

"Pada tahun ini kami akan mecoba membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk peningkatan ekonomi berupa bantuan modal usaha warga, yang mana bila sudah berjalan BUMDES ini dapat mendapat alokasi dana dari pemerintah dan bilamana belum berjalan tidak mendapatkan dana"ujarnya.