Cerita Inspiratif: Memegang Amanah Dengan Teguh.

Daftar Isi

Siang hari yang terik, matahari bersinar dengan ganasnya. Pada saat itu Umar bin khattab RA pergi ke padang penggembalaan domba.

la melihat ke sekitar, ada seorang anak penggembala sedang berteduh di bawah pohon kurma yang menjulang tinggi.

umar mendekati anak kecil itu seraya bertanya, kambing-kambing ini bukan milikku, tapi milik majikanku. Aku hanya diberikan ananah untuk memelihara dengan baik.

Umar membujuk si pengembala lagi, "Hai anak muda, kau bisa berkata kepada majikanmu bahwa seekor harimau telah memakan kambing itu, dan majikanmu tidak malihatnya, tentu dia akan percaya dengan perkataanmu. Kemudian, uang yang kau milik itu bisa kau belikan kambing lagi dan sisanya untuk kepentinga dirimu. Bukan itu lebih menguntungkan."

Tapi reaksi si anak gembala? la menjawab dengan tegas, "Wahai orang tua, walaupun majikanku tidak melihat perbuatan tercelaku, tapi Allah pasti mengetahuinya. Semoga Allah memaafkan perkatan tuan!"

Melihat keteguhan iman si penggembala, hati Umar sangat senang. la pun bergegas menemui majikan si penggembala untuk membebaskannya dari perbudakan.

Umar juga menghadiahkan seluruh kambing yang dibelinya kepada anak penggembala tersebut. la mendapatkan berkah berlimpah dari Allah karena menjaga amanah atas kepercayan orang lain.

Hikmah cerita

Allah Maha Mengetahui apa yang dikerjakan setiap hambanya Si penggembala bisa menjaga amanah orang lain. Akhirnya, ia mendapatkan berkah dengan terbebas dari perbudakan dan mendapatkan hadiah.

Sumber : 65 Dongeng Pengantar tidur untuk Anak Muslim, Lintas Media
Penulis : DAVA AGHATA FAUZAN, Santri Madin Irsyadul 'awwam Sidanegara Kaligondang Purbalingga Jawa Tengah.
Editor : Ahmad Prayitno.