Tulisan Santri Madin : BAB l // TANDA TANDA ORANG AKAN MATI

Daftar Isi
Tulisan Santri Madin : BAB l // TANDA TANDA ORANG AKAN MATI

Kita umat manusia sesungguhnyadiciptakan oleh tuhan hanya mengabdi atau beribadah saja.Sesuai firman-Nya:
"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku."(QR.Adz-Dzakariyaat:56)

Ibadah bukan hanya sholat, puasa dan haji.Tidur jika diniat kan agar tubuh beristirahat dan kuat menjalankan sholat shubuh maka tidur malam seseorang menjadi ibadah. Bekerja adalah ke wajiban seseorang suami, jika diniatkan beribadah maka bekerjapun menjadi ibadah.

Namun kebanyakan manusia menjadi lengah, lalai, teledor bahkan ada yang sengaja melupakan kewajiban beribadah kepada alloh. Kebanyakan manusia pada jaman sekarang berlomba- lomba dalam kemegahan, menumpuk-numpuk harta, mereka tidak akan merasa puas kecuali maut datang menjemputnya sebagaimana disitir oleh Al-Qur'an:
Bermegah-megahan telah melalaikan kamu sampai kamu masuk kedalam kubur."(QS.At-Takaatsur:1-2)


Diriwayatkan dari aisyah ra, Nabi saw bersabda, "Apabila alloh menginginkan kebaikan seorang manusia, maka Alloh akan mengutus malaikat satu bulan sebelum kematianya untuk memperbaiki amal-amalnya.

Kemudian menjadikanya sebagai seseorang yang selalu mengerjakan amal shaleh. Saat nyawanya akan dicabut dia akan melihat pahala yang telah di kumpulkanya, sehingga jiwanya akan merasa senang dan saat itu dia merasakan kerinduan untuk berjumpa dengan alloh. Alloh pun sangat ingin berjumpa berjumpa denganya.

Apabila alloh menghendaki keburukan seorang hamba maka satu tahun sebelum kematianya setan akan selalu menyesatkan dan menimpa fitnah kepadanya sehingga saat dia meninggal orang-orang akan berkata,'Fulan telah mati keadaan buruk."

Ketika nyawanya akan dicabut, dia akan meliat azab yang akan menimpa dirinya dan saat itulah dia tidak akan berjumpa dengan Alloh dan Allah dan Allah lebih tidak ingin berjumpa dengan orang tersebut. (HR.Ibnu Abi ad-Dunya)

Penulis : Abdul Rozak
Editor : Ahmad Prayitno