BAB ll : MENYINGKAP TABIR KEMATIAN TANDA-TANDA KEMATIAN ORANG BERIMAN

Daftar Isi
BAB ll : MENYINGKAP TABIR KEMATIAN TANDA-TANDA KEMATIANORANG BERIMAN

Di riwayatkan dari Salman alfarisi ra., ia berkata, "aku mendengar Rosululoh saw. bersabda, 'perhatikanlah tiga perkara pada mayit di waktu kematianya: jika keluar peluh di dahinya, berlinang air matanya, dan melebar kedua lubang hidungnya maka itu adalah rahmat dari Alloh yang turun kepadanya. Jika ia mendengkur seperti unta yang tercekik, pucat warnanya, dan berbusa mulutnya, maka itu adalah siksaan dari Allah ta'ala yang telah menimpanya." (HR.Tirmizi dan hakim)

Abdullah berkata, "Orang itu masih memiliki dosa pada waktu ia meninggal, lalu dibalas hingga keluar peluh didahinya."

Salah seorang ulama berkata, "Sesungguhnya dahi mayit yang mukmin mengeluarkan keringat karena malu kepada tuhanya atas dosa yang dilakukanya.

Sementara bagian bawahnya sudah mati, kekuatan hidup dan gerakanya masih ada bagian atas. Rasa malu itu terdapat dalam kedua mata dan itu adalah saat untuk meras malu, sedangkan orang kafir buta akan hal itu.

Orang yang bertauhid dan disiksa lupa akan hal ini dengan siksaan yang telah menimpannya. Keringat yang tampak itulah bagi orang yang mendapat rahmat."

Al Qurtubi berkata, "terkadang ketiga tanda itu tampak semua, terkadang tampak satu atau ada kalanya tampak dua tanda. Hal itu terjadi sesuai dengan tingkat manusia dalam amalnya."

Dalam hadis Ibnu Mas'ud disebutkan, "kamatian seorang mukmin ditandai dengan keringat didahi, sisa dosanya dibalas pada waktu kematianya untuk membersihkan dosanya.

Penulis : Abdul Rozak
Editor : Ahmad Prayitno