MENGENAL MADRASAH ALIYAH (MA) ARROUDLOH KALIJARAN

Daftar Isi
Pada era globalisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Saat ini, pengaruh dunia global sangat rentan merusak moral dan karakter anak muda.

MENGENAL MADRASAH ALIYAH ARROUDLOH KALIJARAN

Untuk itu, di masa muda, mereka dituntut untuk tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan akademik saja, tapi juga ilmu agama dan dengan penerapan akhlaqul karimah. Dengan integrasi sains dan teknologi dan pemahaman keagamaan, diharapkan pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih bermakna.

Madrasah Aliyah (MA) ARROUDLOH berusaha untuk menjawab tantangan zaman dengan mengintegrasikan ilmu umum dan ilmu agama.

Berdiri pada tahun 2020 berdasarkan Surat Keterangan Ijin Operasional dari Kementerian Agama; MA ARROUDLOH berada di bawah naungan yayasan Roudlotus Sholichin di Dusun Sukawarah (Sokawera), Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga.

Selain mempelajari ilmu umum baik di bidang eksakta dan sosial humaniora, MA ARROUDLOH juga memiliki beberapa program unggulan, di antaranya:

Akhlaqul Karimah

Setiap peserta didik diupayakan mendapatkan pembekalan serta pemahaman tentang akhlak, karena “al adabu fauqo al-imli” yang berarti adab di atas ilmu.

Local Wisdom-Based Learning

Pembelajaran di MA ARROUDLOH berbasis kearifan lokal (local wisdom). Banyak kegiatan seru dan menyenangkan, di antaranya Super Scout Camp, Field Trip, bimbingan karya tulis ilmiah, dll.

Qiroatul Kutub

Dalam ruang lingkup pembelajaran tidak hanya terfokus pada pengetahuan umum saja, namun juga pegetahuan keagamaan yang salah satunya mengacu pada pembekalan melalui kajian kitab kuning (kitab at-turats).

Program ini juga didukung dengan adanya asrama (boarding school) di Pondok Pesantren Roudlotus Sholichin berbasis salaf yang berada satu komplek dengan MA ARROUDLOH dan di bawah naungan yayasan yang sama.

Tahfidzul Qur’an

Dengan adanya program tahfidz, seluruh peserta didik (santri) dapat memupuk dirinya dengan semangat qur’ani sehingga mampu melahirkan generasi yang berkarakter dan berpegang teguh pada Al-Qur’an.

Bahasa Asing

Program penguasaan bahasa asing difokuskan pada 2 bahasa, yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris secara teori dan praktik dalam keseharian peserta didik. Penguasaan bahasa asing sangatlah penting bagi kehidupan generasi penerus bangsa.

Bahasa akan mempengaruhi ruang gerak kita, jadi secara tidak langsung bahasa yang kita kuasai juga akan mempengaruhi daya jelajah kita, seperti yang diutarakan Ludwig Wedgeinstein, “limit your language, limit your world”.

Kewirausahaan dan Leadership

Di era globalisasi saat ini, persaingan hidup manusia semakin ketat dan kompetitif. Oleh karena itu, mereka yang mampu bertahan adalah mereka yang kreatif dan memiliki daya inovasi yang tinggi untuk dapat merebut peluang dan kesempatan melalui keterampilan yang dimiliki.

MA ARROUDLOH sebagai majelis untuk menuntut ilmu juga mengajarkan kewirausahaan agar peserta didik memiliki jiwa wirausaha. Kepemimpinan (leadership) juga ditanamkan dengan berbagai program dan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan skill dan keterampilan peserta didik.

MA ARROUDLOH berusaha untuk menyediakan pendidikan untuk semua kalangan, termasuk juga untuk mereka yang kurang mampu namun memiliki semangat tinggi untuk terus belajar.

MA ARROUDLOH juga bekerja sama dengan Dahuni Foundation untuk penyediaan beasiswa bagi peserta didik yang kurang mampu, yaitu dengan fasilitas gratis biaya pendaftaran, sumbangan pendidikan, biaya bulanan, dan uang gedung.

MA ARROUDLOH dibimbing oleh guru dan tenaga kependidikan yang profesional di bidangnya. Salah satu guru pengampu mata pelajaran Fisika, Dewi Fairuz Zulaikha, S.Pd., merupakan masyarakat berprestasi yang telah berulang kali menjuarai lomba riset dan teknologi di bidang sensor, robotika, dan elektronika sampai di tingkat nasional dan internasional, yaitu dengan raihan medali perak di Penang, Malaysia (2019) dan di medali perunggu di Seoul, Korea Selatan (2018).

Selain itu, guru pengampu mata pelajaran matematika, Bapak Khairul Anwar, S.Pd., adalah guru yang sangat berpengalaman terutama dalam bidang manajemen pendidikan, humas, dan leadership.

Guru dibidang agama dalam penguasaan Bahasa Arab adalah lulusan pesantren sekaligus lulusan kampus agama terbaik.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MA ARROUDLOH dapat diakses secara online di laman
http://www.maarroudloh.sch.id/PPDB2020 atau secara langsung di komplek Pondok Pesantren Roudlotus Sholichin Sukawarah, Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga.