Hanya Satu SD Negeri di Purbalingga yang mampu Gunakan Aplikasi pembelajaran Ini dan Mendapat Lisensi Resmi.

Daftar Isi
PURBALINGGA.(kangprayit.com) SD N 1 Pagerandong Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga menggelar Sosialisasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Target Kurikulum Masa Pandemi dan sosialisasikan 3 Aplikasi pembelajaran salah satunya Aplikasi Office 365, pada Sabtu (18-07-20).

SD N 1 Pagerandong sosialisasikan Office 365 untuk pembelajaran

Materi pertama yang diikuti 31 wali murid langsung disampaikan oleh Kepala Sekolah SD N 1 Pagerandong Hestin Widiyanti, S.Pd.M.Pd. tentang dampak dampak Covid 19 mulai bulan maret sampai sampai saat ini.

"Dasar Rujukan sekolah tidak diperbolehkan melaksanakan Pembelajaran diantaranya Surat Edaran Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020, Sekertaris Jendral Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 15 tahun 2020 dan SKB empat menteri tentang pelaksanaan pembelajaran tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021"

"Kebijakan pemerintah saat ini bagi daerah yang masuk zona kuning, orange, merah belum boleh melaksanakan pembelajaran" tuturnya.

"Saat zona hijau sekolah diperbolehkan buka dengan mempersiapkan diantara, Tempat cuci tangan, Handsanitazer, Jaga jarak, Pakai masker serta seluruh kepala satuan pendidikan mengisi daftar periksa  pada laman DAPODIK, tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka" tambahnya.

Lebih jauh Kepala Sekolah yang pernah menjuarai Guru Prestasi  tahun 2014 dan beberapa penghargaan lainya ini menyampaikan seputar peran pihak-pihak terkait satuan pendidikan di zona hijau dan tahapan prioritas pembelajaran tatap muka.

Masa transisi dan kebiasaan baru dan pilihan terbaik bagi wali murid serta prosedur pembiasaan tatap muka di satuan pendidikan yang berada di daerah zona hijau tidak luput dari pembahasan.

Keunggulan Aplikasi Office 365


Nara sumber kedua Arif Prayitno,S.Pd salah seorang Guru SD N 1 Pagerandong menyampaikan "seperti yang disampaikan blog bhineka.com bahwa aplikasi ini memiliki 5 Keunggulan Antara lain :

1. Selalu Mendapatkan Update Terbaru. Office 365 memungkinkan kamu mendapatkan update terbaru dari aplikasi andalan seperti Word, Excel, Powerpoint, dan Outlook.
2. Punya Aplikasi Pintar Pendukung.
3. Bisa Digunakan Hingga 5 Perangkat Berbeda.
4. Terintegrasi ke Perangkat Lain.
5. Layanan Komputasi Berbasis Awan.

"Berbagai aplikasi yang ada SD N 1 Pagerandong hanya memfokuskan pada satu aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran disaat pandemic Covid 19 ditahun pelajaran 2020/2021 ini, Aplikasi yang digunakan adalah MS. Teams" tuturnya.

Secara rinci Guru tang masih tergolong muda ini menyampaikan Microsoft Teams merupakan aplikasi baru di Office 365.  Ms Teams merupakan hub untuk menghubungkan seluruh tools dalam aplikasi dan layanan Office.

Penggunaan terfokus pada chating, telphon dan video call dengan banyak personal. Aplikasi ini sekelas Google meat, zoom dan aplikasi sejenis lainya.

 Aplikasi Teams sebelumnya sudah diujicobakan SD N 1 Pagerandong dalam acara pelepasan daring beberapa pecan yang lalu dan berhasil di lakukan.

 Pemanfaatan akun gratis


Memungkinkan dalam aplikasi ini satu warga sekolah bisa terdaftar secara resmi di aplikasi ini dan menggunakan akun gratis. Sebab dalam prakteknya Pihak Microsoft memberikan layanan penyimpanan untuk berbagai aplikasi sebesar 5005 Tera Byte yang sangat besar untuk penyimpanan sekelas sekolah.

Keunggulan Sekolah


Menurut salah satu Guru PAI dan Pemilik Website kangprayit.com, Prayitno,S.Pd.I menyampaikan "Keberhasilan SD N 1 Pagerandong menggunakan Aplikasi Office 365 sekaligus mendapatkan lisensi resmi, merupakan salah  keunggulan yang tidak di miliki oleh sekolah lain sehingga semoga dapat meningkatkan prestasi pembelajaran walau di masa pandemi Covid 19".

Sumarni (31) salah satu wali murid dari Muhammad Nizar Kelas VI  menyampaikan rasa senang mengikuti sosialisasi dan keinginan anaknya yang sudah menginginkan berangkat sekolah namun kami tetap berusaha menaati aturan yang ada.