Kapolsek Kaligondang Kukuhkan Kampung Siaga Candi Di Desa Sidanegara

Daftar Isi

Kapolsek Kaligondang Kukuhkan Kampung Siaga Candi Di Desa Sidanegara
PURBALINGGA.(Kangprayit.com) Dalam rangka pencegahan dan menanggulangi Virus Corona, Kepolisian Sektor Kaligondang Mengukuhkan Kampung Siaga Candi di Desa Sidanegara, pada Kamis (06-08-20).

Kepala Desa Sidanegara Paryono Menyampaikan "Semoga nanti Kelembagaan Kampung Siaga Candi dapat bekerja sama dengan kelembagaan yang ada yaitu Jogo Tonggo yang telah dibentuk oleh Bapak Ganjar Pranowo  Gubernur Jawa  "

Penularan Covid 19

Camat Kaligondang yang di wakili oleh Kasi Pemerintahan Kuno,S.Sos menyampaikan "Mari kita bersama-sama bersinergi untuk dapat mencegah penularan Covid 19 di Desa Sidanegara dengan disiplin menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebagaimana Kecamatan Kaligondang yang awalnya zona hijau namun dari hari kehari karena kurang disiplin menjadi zona kuning".

ODP Purbalingga

Pemateri Kepala Puskesmas Kecamatan Kaligondang yang di wakili bidang penanganan Covid 19 Yeyen
"69 ODP dan PDP ada 19 di Purbalingga sampai saat ini, tolong para penderita Covid 19 jangan dikucilkan karena Rumah Sakit tidak akan melepas sebelum pasien Covid di nyatakan negatif dan saya baca orang yang sudah pernah terkena Covid terus sembuh maka kekebakan tubuhnya akan meningkat".

"Pasien dari Desa Sidanegara yang tes awal dinyatakan positif saat ini sedang menunggu hasil tes kedua yang dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2020 dan alhamdulillah keluarga semuanya dinyatakan negatif" tambahnya.

Kampung Siaga Candi

AKBP Wahyudi Kapolsek Kaligondang mengatakan "Siaga Candi hanya nama saja karena digagas oleh Kepolisian yang didasari Panemi Covid 19" disusul pernyataannya Kampung Siaga Candi adalah "Kampung atau Desa yang selalu siap siaga mencegah Covid 19".

"Pola hidup sehat dengan makan yang bergizi, lingkungan yang menjaga kebersihan, melaksanakan protokol kesehatan baik dalam rangka ibadah atau kegiatan kemasyarakatan, menjaga kontak dengan rekan-rekan bukan berarti melarang bersilaturahmi tetapi saat ini merupakan berpotensi penularan Covid19" tambahnya.

"Candi merupakan  lambang Kepolisian Propinsi Jawa Tengah selain itu Candi itu berarti Cerdas, Agamis, Negosiator, Dedikasi, Inofasi bagaimana Sidanegara menjadi Zona Hijau" tuturnya.

Kesiapsiagaan Kampung Siaga Candi

Selanjutnya Kapolsek Kaligondang menuturkan "dengan Kampung Siaga Candi minimal melakukan tiga hal mendidik masyarakat Pake masker saat keluar rumah, Cuci Tangan, Jaga Jarak serta Kampung Siaga Candi dapat melaksanakan kesiapsiagaan Kamtibmas, berperan dalam memantapkan kesiapsiagaan kegiatan Sosial Ekonomi, dapat melaksanakan Kesiapsiagaan dalam Informasi agar masyarakat tidak mudah menerima informasi yang tidak benar namun bila tidak tahu maka hendaknya bertanya dahulu".


Oleh: Prayitno