Materi pembelajaran 6 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5

Daftar Isi

 Asalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Sebelum kita belajar materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti disemester Dua ini jangan lupa kita awali dengan erdoa memohon kepada Alloh agar kegiatan dapat berjalan lancar dan dapat difaham serta bermanfaat dapat diamalkan.

Seperti biasa diawali surah Al Fatihah dan doa sebelum belajar yah..

Baik selanjutnya hari ini kita akan belajar Pelajaran 6 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tentang Senang Belajar Surah Al Ma'mun.

Setelah kemarin kita membahas bacaan tajwid dalam Surah Al-Ma'un dan belajar membacanya.

Sekarang kita belajar tentang asbabunnuzul surah Al Ma'mun.

C.Asbabunnuzul Surah al-Mā’ūn

Nah kalian sudah mengetahui cara membaca surah al-Mā’ūn. Tahukah kalian sebab turunnya surah al-Mā’ūn?, sebab turunnya ayat atau surah dalam Al-Qur’an dinamakan asbabunnuzul. 

Sebab turun ini bisa berupa kejadian yang sedang dialami Nabi Muhammad saw. dalam menghadapi kaumnya ataupun kejadian yang ditemui nabi dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua ayat atau surah dalam Al￾Qur’an diketahui asbabunnuzulnya.

Surah al-Mā’ūn merupakan surah yang ke-107 dalam Al-Qur’an. Surah al-Mā’ūn terdiri atas tujuh ayat. diturunkan di kota Makkah oleh sebab itu surah al-Mā’ūntergolong surah Makiyah.

 Surah ini turun sesudah surah at-Takatsur dan sebelum surah al-Kafirun.

Adapun sebab turun surah al-Mā’ūn ayat 1-3 di antaranya ada suatu riwayat yang menyebutkan bahwa ada orang yang identitasnya diperselisihkan oleh para perawi; Abu Sufyan, Abu Jahal, Al-Ash Ibn Walid atau orang lain, yang setiap minggu menyembelih seekor unta. 

Suatu ketika ada anak yatim yang datang meminta sedikit daging yang disembelih. Namun mereka menghardik dan mengusir anak yatim tersebut.

Peristiwa di atas merupakan pelajaran yang sangat berarti agar kita memiliki kepedulian terhadap orang yang membutuhkan. Kita harus menyadari bahwa harta yang kita miliki merupakan titipan Allah yang harus dibelanjakan dengan baik.

Dalam riwayat lain diceritakan dari Ibn Abbas bahwa pada masa Rasulullah ada sekelompok orang munafik yang rajin mengerjakan ibadah salat. Namun salatnya tidak diniatkan karena Allah Swt. tetapi karena ingin dilihat dan dipuji orang lain. 

Ketika dilihat orang lain, mereka terlihat khusyuk mengerjakan salat, tetapi ketika tidak dilihat orang lain, mereka salat seenaknya bahkan sering menyepelekan dan meninggalkannya. 

Allah tidak suka dengan orang-orang munafik seperti ini, maka diturunkanlah surat al-Mā’ūn ayat 4-7.

Peristiwa di atas menunjukkan bahwa beramal ibadah harus dilakukan dengan tulus ikhlas semata-mata karena Allah Swt., tidak boleh ria yakni memperlihatkan 

ibadah dan amal kebaikan dengan tujuan agar dilihat dan dipuji orang lain. Amal ibadah yang dilakukan dengan ria tidak akan diterima oleh Allah Swt.


Selanjutnya 

D.Menghafal Surah Al Ma'un




RANGKUMAN

1. Surat al-Mā’ūn terdiri atas 7 ayat.

2. Surat al-Mā’ūn diturunkan di Kota Mekah.

3. Al-Mā’ūn artinya barang-barang yang berguna.

4. Ciri-ciri orang yang mendustakan agama ialah

a. suka menghardik anak yatim;

b. tidak mau memberikan makan fakir miskin;

c. orang yang lalai dalam salatnya. 

5. Dalam salat kita harus menghindari perilaku ria.

6.  Orang yang enggan memberi bantuan atau enggan menolong orang lain dengan barang yang berguna, orang yang masuk golongan ini disebut kikir. Orang kikir merasa takut menjadi miskin.

 Oleh karena itu, ia enggan memberikan sebagian hartanya untuk membantu orang lain.


1.Hafalkan Surah Al Ma'un dengan Tartil dan Fasih!
2.Tulislah Surah Al Ma'un ayat1-7!
3.Tulislah kandungan Surah Al Ma'un!

Tugas ditulis dibuku PAI PB yah dan di foto dahulu bagi yang sudah ..


Terimakasih kita tutup dengan bacaan Hamdalah Alhamdulillah...
Tetap semangat belajar jaga kesehatan..selamat mengerjakan! 
Sampai ketemu di pelajaran yang berikutnya yah..

Wasalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Sampai ketemu