Mari Mengaji Dan Mengkaji Surah Al-Fil Kelas 4

Daftar Isi

 Anak-Anak!

Mempelajari Al-Qur’an sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. Beliau menegaskan bahwa orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain adalah sebaik-baiknya umat. 

Anak yang tekun belajar membaca, mengartikan, menulis, dan menghafal Al￾Qur’an serta mengajarkannya kepada orang lain, dialah anak yang terbaik. Maukah anak-anak menjadi yang terbaik? Pasti mau, kan?

Ayo, apa yang telah kamu lakukan dalam mempelajari Al-Qur’an?



A. Membaca Surah al-Fīl

Al-Qur’an adalah firman Allah, kitab suci yang agung dan mukjizat terbesar yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad saw. sebagai pedoman hidup umat manusia. Membacanya merupakan ibadah yang memiliki keutamaan. 

Keutamaan membaca Al-Qur’an antara lain: 

1) Setiap huruf yang dibaca dibalas dengan sepuluh kebaikan. 

2) Orang yang senang membaca, mempelajari 






B.Ayo Mengartikan Surah Al-Fiil




C. Kisah dalam Surah al-Fīl

Surah al-Fīl adalah surah ke 105 dalam Al￾Qur’an, terdiri dari 5 ayat dan diturunkan sebelum Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah (makiyah). Dalam surah al-Fīl diungkapkan kehancuran tentara bergajah yang dipimpin oleh Abrahah bin Hisyam al-Habsyi yang datang ke Makkah untuk menghancurkan Kakbah.

Kisah as]hābul fīl (tentara bergajah) sangat terkenal sebab waktunya sangat berdekatan dengan kelahiran Nabi Muhammad saw. 

Peristiwa ini terjadi ketika nabi Muhammad masih dalam kandungan ibunya karena beliau lahir lima puluh hari sesudah peristiwa as]hābul fīl. 

Ayo Anak-Anak, bacalah cerita berikut ini dengan cermat!

Abrahah al-Asyram al-Habsyi adalah seorang gubernur di Sana’a, Yaman. Ia mendirikan sebuah tempat peribadatan yang tidak ada tandingannya pada masa itu. Kemudian melaporkan kepada Raja Najasyi bahwa ia telah membangun tempat ibadah yang belum pernah dibangun sebelumnya dan ia mempunyai keinginan untuk memalingkan bangsa Arab ke tempat ibadah tersebut. 

Seseorang dari Kinanah marah dan mengotori tempat ibadah yang megah itu. 

Abrahah sangat marah mendengar kabar itu, lalu ia bersumpah akan menghancurkan Kakbah. Abrahah membawa tentara bergajah dalam jumlah yang besar agar orang￾orang Makkah takut kepadanya. 

Setelah sampai di Muqasmas (perkampungan di luar Makkah) ia memberitahu bahwa kedatangannya bukan untuk menyerang penduduk Makkah melainkan untuk menghancurkan Kakbah. Penduduk Makkahpun berdoa dipimpin oleh Abdul Mutthalib, kakek Nabi Muhammad saw. supaya Allah memberikan pertolongan-Nya. 

Mereka pergi ke puncak gunung sambil memperhatikan apa yang akan diperbuat Abrahah dan tentaranya. Dengan kehendak Allah pada hari berikutnya mereka diserang wabah penyakit cacar yang sangat dahsyat. Inilah pertama kali wabah cacar muncul di negeri Arab.

Tulislah hikmah dari kisah tersebut!

D. Memahami Pesan Pokok Surah al-Fīl Kandungan ayat 1 dan 2

Kedua ayat ini dimulai dengan pertanyaan. Pertanyaan ini dimaksudkan untuk 

a. mengajak pembaca untuk mencamkan apa yang disampaikan lalu membenarkannya dan

b. menetapkan bahwa Rasulullah saw. mengetahui kehancuran tentara bergajah dan kegagalan tipu daya Abrahah, juga untuk memperkuat berita penting tentang kisah tentara bergajah.

Tipu daya yang dimaksud adalah untuk mengalihkan manusia dari Baitullah di Makkah ke tempat ibadah (al-Qullais) yang dibangun Abrahah. Ia membangunnya untuk mendapatkan kedudukan di mata Negus dan karena dengki kepada bangsa Arab sehingga ia bermaksud mengalihkan kemuliaan Kakbah kepada diri dan dan bangsanya.

Peristiwa yang luar biasa itu memberikan pelajaran bahwa Allah Swt. berkehendak menunjukkan kepada nabi-Nya dan umatnya akan kebesaran, keagungan, dan kekuasaan-Nya. Keperkasaan Allah Swt. di atas keperkasaan manusa karena Dia Yang Mahaperkasa.

Kandungan ayat 3 dan 4

Penyakit cacar atau campak itu muncul dari batu kerikil yang kering dan panas yang dijatuhkan kepada setiap tentara bergajah tersebut dengan perantara burung yang berduyun-duyun beserta angin panas yang sangat kencang.

Kandungan ayat 5

Kehancuran tentara bergajah yang dipimpin Abrahah dilukiskan bagaikan daun￾daun yang dimakan ulat. Perumpamaan ini sangat tepat dengan keadaan seseorang 

yang terkena penyakit cacar. Sekujur tubuhnya akan ditumbuhi bisul panas bahkan ada yang tumbuh di mata.

E.Menghafal Surah Al Fiil

Anak-anak!

Setelah kalian membaca dan memahami isi kandungan dari ayat-ayat surah al-Fīl, ayo simpulkan apa saja pesan pokok dari surah al-Fīl tersebut!

Anak-Anak! kita akan menghafal surah al-Fīl.

Untuk memudahkanmu dalam menghafal ikutilah kegiatan berikut ini!

1. Anak yang sudah hafal dengan fasih dan lancar membimbing temannya yang belum hafal

2. Hafalkan ayat perayat!

3. Bacalah setiap ayat sebanyak lima kali atau lebih sampai hafal!

4. Pindahlah pada ayat berikutnya sampai dengan ayat kelima!

5. Untuk mengetahui hafalanmu, ajaklah temanmu untuk menyimak secara bergantian!

F. Menulis Surah al-Fīl 

Anak-Anak! 

Sekarang kita akan belajar menulis surah al-Fīl. Dalam menulis ayat Al-Qur’an kita harus memperhatikan kaidah dan kerapian tulisan, misalnya menulis dari kanan, dimulai dari atas, serta memperhatikan titik dan penulisan di atas, tengah atau bawah garis. Tulisan yang benar dan rapi akan indah dilihat, Al-Qur’an pun terjaga.

Ingat! Kesalahan titik saja akan berpengaruh terhadap arti kata tersebut. Oleh sebab itulah berhati-hatilah dalam menulisnya. Teliti dan periksalah tulisanmu!