Berbagi Ilmu Penyuluh Agama Islam Kemenag Purbalingga Masuk Penjara

Daftar Isi

PURBALINGGA(kangprayit.com)Berbagi Ilmu mengajak berubah menjadi lebih baik dan berbuat kebaikan Penyuluh Agama Islam Kemenag Purbalingga masuk ke penjara atau Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2 B  Kabupaten Purbalingga untuk memberikan ceramah dan khotbah kepada warga binaan.

Prayitno PAI saat memberikan ceramah pada Pengajian Rutin Jumat Pagi di Rutan kelas 2 B Kabupaten Purbalingga pada Jumat (05-03-21)
Foto: Dokumentasi Petugas Rutan


Prayitno Penyuluh Agama Islam Bidang Wakaf merasa senang diberi kesempatan oleh Pokjaluh Kankemenag Purbalingga untuk sharing dengan warga binaan di Rutan dan berterima kasih kepada Kasi Bimas Islam yang selalu memotifasi penyuluh,  Hal ini diungkapkannya saat usai memberikan bimbingan penyuluhan pada Pengajian Jumat Pagi, Jumat (05-02-2021).


Menurut Prayitno "Materi yang selain ajakan untuk berubah lebih baik juga ditambahkan materi-materi agama yang bersifat ibadah agar menjadi salah satu sarana mendekatkan diri kepada sang kholiq".


Metodologi yang digunakan adalah ceramah ditambah dengan iringan musik Hadroh. Dengan metode ini, disamping peserta tidak jenuh atau mengantuk, juga sekaligus untuk menumbuhkembangkan rasa cinta nabi melalui lantunan sholawat.


"Uniknya, seluruh personil grup Hadroh ini adalah para warga binaan Rutan sendiri, mereka juga besutan dari teman-teman Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga" tutur Prayitno.


"Respon para warga binaan luar biasa antusias dalam mendalami agama Islam sangat tinggi terbukti dengan suasana yang tenang dan pandangan yang fokus saat mendengarkan tausyiah" tambahnya.


Menurut Siti Suwarti penyuluh pendamping kegiatan di Rutan kelas 2 B Purbalingga "untuk menjadwal dan mengkordinir petugas yang mengisi pengajian dan juga yang bertugas sebagai Khotib sekaligus Imam dalam Sholat Jum'at di Masjid Rutan kelas 2 B Purbalingga kami selalu berkordinasi dengan Pokjaluh".


Hikam Aziz,S.Ag Ketua Pokjaluh Kemenag Purbalingga Menuturkan "Selain Prayitno,S.Pd.I dari penyuluh bidang wakaf dari KUA Kecamatan Kaligondang ada juga petugas lainya diantaranya saya sendiri, Kasi Gara Zawa H.Syarif Hidayat,M.Si Muhammad Miftahul Fikri,S.Kom.I, bidang Kerukunan Umat Beragama (KUB) dari KUA Kecamatan Bukateja,  Fahrudin bidang KUB dari Kecamatan Karang Jambu, Tabiin bidang wakaf KUA Purbalingga Kota, Sunhaji dari KUA Bukateja dan penyuluh lainnya dengan jadwal yang sudah tersusun rapi baik sebagai Imam sekaligus Khotib atau Pencramah".


Mardi Waluyo,S.H salah satu petugas di Rutan bidang Pembinaan Kepribadian menuturkan "Saya berharap setelah ada para penyuluh mengisi pengajian disini para nara pidana tidak akan kembali lagi ke penjara ini lagi".