Pupuk Nasionalisme MT. Jumat Kliwon Kumandangkan Indonesia Raya dan Subanulwathon

Daftar Isi

PURBALINGGA(kangprayit.com) Memupuk Nasionalisme kepada masyarakat Majelis Ta'lim Jumat Kliwon Kumandangkan Lagu Indonesia Raya dan Subanul Wathon rutin dalam praacara Pengajian.

Majelis Ta'lim Jumlah Kliwon merupakan majelis pengajian yang sudah berusia lebih dari 26 tahun bahkan embrio majelis taklim ini lebih dari 60 tahun hingga saat masih eksis.

Melagukan Indonesia Raya dan Subanul Wathon oleh Warga RT 02/01 Desa Sidanegara Kaligondang
Pada 04-03-2021 Foto: kangprayit.com


Berpindah dari satu ke RT ke RT lainnya dari 16 RT yang ada dalam 35 hari sekali setiap malam Jumat Kliwon dengan pemateri dari tokoh agama yang ada bergantian K.Imam Suwarno, K.Riono dan K.Kardi.

Materi pengajian meliputi bidang Fikih, Akhlaq, Sejarah, Keorganisasian serta materi Agama lainya.

Menurut Pembina sekaligus pendiri Majelis Taklim Jumat Kliwon Kiyai Imam Suwarno "dahulu Pengajian Jumat Kliwon sudah ada yang diprakarsai oleh Majelis Dakwah Islam (MDI) namun setelah lama tidak melaksanakan atau falum kegiatan sehingga Ranting Nahdatul Ulama (NU) berinisiatif untuk melaksanakan dan samai saat ini".

Melihat kondisi saai ini dengan bergesernya atau bahkan terkikisnya nilai Nasionalisme Ketua Ranting NU Desa Sidanegara Muhammad Syamsul Mukhtar "Lagu Indonesia Raya Sekaligus lagu Subanul Wathon atau yang Familier dengan Yalalwathon dianggap penting menjadi usaha yang nyata menanamkan Nasionalisme sejak dini terutama kepada generasi muda".