Tangkal Hoaks Penyuluh Agama Islam Dua Kecamatan Intens Gelar Pelatihan Jurnalistik

Daftar Isi

PURBALINGGA (kangprayit.com) Dalam rangka menghadapi era digital yang tidak mungkin dihindari, termasuk didalamnya maraknya informasi hoaks di dunia maya, pertemuan Penyuluh Agama Islam (PAI) NON PNS yang rutin di gelar setiap satu bulan sekali oleh PAI dari dua Kecamatan secara bergantian Kecamatan Pengadegan dan Kaligondang menggelar pelatihan dasar- dasar dalam Jurnalistik.


Acara pelatihan yang di pusatkan di kediaman Jumanto atau yang akrab dengan Kak Jumbo ini tepatnya di Desa Pengadegan, Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga pada, Rabu (17/3/2021).

Pertemuan rutin ini biasa di hadiri oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Umi Faizah dan Edi Rujito selaku pendamping serta Ketua PAI NON PNS Kabupaten Purbalingga Rokhedi dan diikuti oleh seluruh PAI NON PNS dari dua Kecamatan tersebut.

Imam Edi Siswanto PAI saat menjelaskan Pembuatan Blog dan teknik menulis dalam acara Pertemuan Rutin Kecamatan Kaligondang dan Pengadegan
 pada Rabu (17-03-21) Foto: kangprayit.com


Penyuluh tampak antusias mengikuti latihan menulis dan membuat blog yang dipandu langsung oleh Imam Edi Siswanto yang akrab dengan IES salah satu Penyuluh bidang JPH dari Kecamatan Kaligondang.

Dalam pengantarnya IES menyampaikan "bahwa kita saat ini menghadapi “perang” digital, yang mana informasi media sosial saat ini banyak di dominasi oleh informasi hoax, sehingga penyuluh harus ambil peran aktif dalam memberikan informasi yang positif dan membangun dalam rangka melawan informasi hoax".

Disamping itu IES juga menambahkan bahwa penyuluh yang memiliki tugas dan fungsi pengemban informasi, hendaknya bisa meninggalkan literasi jejak digital yang terpercaya, familiar, informatif, positif, membangun dan bisa di pertanggung jawabkan.

Selain pelatihan Menulis dan Membuat blog secara rutin diadakan kajian kitab Fathul Qorib oleh Umar Abdul Fatah Penyuluh bidang Kerukunan Umat Beragama (KUB) dari KUA Kecamatan Kaligondang.

Dalam Sambutannya Hj.Umi Faizah" Monggo kami mengharapkan Seluruh Penyuluh untuk dapat ikut mensukseskan Zona Integritas (ZI) Kemenag Purbalingga serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan penyuluhan atau membagikan ilmunya melalui blog atau YouTube".