Bagaimana Mengulangi Sholat Isya yang Tertinggal?

Daftar Isi

Sesuai pertanyaan di Internet, Bagaimana mengulangi sholat isya yang tertinggal apakah bisa di ulang selesai salat subuh pertanyaan bagai mana niat nya TRMS?

Sholat fardlu tidak boleh diuangi bila memang tidak ada hal yang menyebabkan sholat boleh diulangi, karena tidak ada sholat dobel dalam satu hari.

Gambar Orang Sholat Qodlo Isya


Namun terkadang ada saat yang membolehkan sholat boleh diulang , semisal saat kita sudah sholat namun datang rombongan dan mengajak untuk sholat berjamaah, dan kita di suruh menjadi imam maka hal tersebut diperbolehkan demi mendapatkan keutamaan sholat yang lebih.

Demikian penjelasan Syarah kitab safinatunnajah karya Syaikh Nawawi Bantani.

Inilah Dalil Terkait Mengqodho Sholat

1. Segera Sholat Saat Teringat

"Jika kalian tertidur atau terlupa dari suatu shalat maka hendaknya shalat jika telah teringat/terbangun." (HR. Abu Dawud)

Kitab Mukhtarul Ahaadist

2. Rasulullah Mengqodho 4 Sholat Fardlu

Dali yang berikutnya kita sejenak Mengenang peristiwa Perang Khandaq berkecamuk pada tahun kelima hijriyah. Nabi Muhammad SAW sampai terlewat waktu 4 sholat fardhu. Hingga akhirnya beliau mengqodho sholat setelah perang usai.

Dari Nafi’ dari Abi Ubaidah bin Abdillah, telah berkata Abdullah, "Sesungguhnya orang-orang musyrik telah menyibukkan Rasulullah SAW sehingga tidak bisa mengerjakan empat shalat ketika perang Khandaq hingga malam hari telah sangat gelap.

"Kemudian beliau SAW memerintahkan Bilal untuk melantunkan adzan diteruskan iqamah. Maka Rasulullah SAW mengerjakan shalat Dzuhur."

"Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Ashar. Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Maghrib. Dan kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Isya." (HR. At-Tirmizy dan AnNasa’i)

Apabila kita ketinggalan atau tidak melakukan sholat isya maka boleh di Qodo' atau di ganti waktunya melaksanakan pada waktu ba'da subuh.

3.Rasulalloh Mengwodlo Sholat Subuh
Kisah di masa perang Khaibar tahun ketujuh hijriyah. Rasulullah SAW saat terlelap, hingga habis waktu Shubuh seusai perang.

Dari Abdullah bin Abi Qatadah dari ayahnya berkata, "Kami pernah berjalan bersama Nabi SAW pada suatu malam. Sebagian kaum lalu berkata.

"Wahai Rasulullah, sekiranya anda mau istirahat sebentar bersama kami?" Beliau menjawab: "Aku khawatir kalian tertidur sehingga terlewatkan shalat." Bilal berkata, "Aku akan membangunkan kalian."

Maka mereka pun berbaring, sedangkan Bilal bersandar pada hewan tunggangannya. Namun ternyata rasa kantuk mengalahkannya dan akhirnya Bilal pun tertidur.

Ketika Nabiyulloh Muhammad terbangun ternyata matahari sudah terbit, maka beliau pun bersabda: "Wahai Bilal, mana bukti yang kau ucapkan!" Bilal menjawab: "Aku belum pernah sekalipun merasakan kantuk seperti ini sebelumnya." Beliau lalu bersabda:

"Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla memegang ruh-ruh kalian sesuai kehendak-Nya dan mengembalikannya kepada kalian sekehendak-Nya pula.

Wahai Bilal, berdiri dan adzanlah (umumkan) kepada orang-orang untuk shalat!" kemudian beliau SAW berwudhu, ketika matahari meninggi dan tampak sinar putihnya, beliau pun berdiri melaksanakan shalat." (HR. Al-Bukhari)

Jawaban pertanyaan : Niat sholat Qodlo mengganti atau mengulangi sholat Isya
Niat sholat Qodlo isya

" Usholii Fardol 'isyaai Arba'a raka'aatimmustaq bilall qiblati QODOOAL lillahita'aala".

Bacaan sholat yang lainnya sama dengan sholat seperti biasa yang bukan Qodlo.

Demikan  penjelasan kami semoga bermanfaat.