IMAN KEPADA QADA' DAN QADAR DAN HIKMAH MENGIMANINYA

Daftar Isi

1. Iman kepada qada dan Qadar

      Setelah mengetahui pengertian qada dan Qadar, sebagai seorang muslim kita memiliki kewajiban untuk iman kepada qada dan Qadar Allah SWT.. iman kepada qada dan Qadar Allah SWT. Terdapat pada rukun iman yang keenam. maka sebagai makhluk harus mempercayainya dan menerimanya.



     Iman kepada qada dan Qadar berarti percaya terhadap ketentuan dan ketetapan yang telah Allah SWT. berikan kepada makhluk-Nya. namun tidak cukup mengimaninya saja, semua makhluk harus bersyukur kepada Allah SWT. Dengan segala yang ditentukan oleh Allah SWT.. sebab apa yang ditetapkan Allah SWT. pada makhluk-Nya, sudah pasti yang terbaik untuk hamba-nya.
     oleh sebab itulah kita harus mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati, bahwa takdir dan qada Allah SWT. Sudah pasti yang terbaik untuk kita. Kemudian kita harus bersyukur kepada Allah SWT. dengan segala yang telah Allah SWT. dan bukan untuk kita.

2. Hikmah Beriman Kepada Qada' dan Qadar
     setelah mempelajari dan mengetahui contoh qada dan qadar Allah SWT., selanjutnya kita akan mempelajari tentang hikmah bila kita beriman kepada qada dan Qadar. manfaat ini bisa dirasakan dan didapatkan seseorang ketika ia benar-benar mempercayai akan qada dan qadar Allah SWT..

Berikut adalah beberapa hikmah beriman kepada qada dan Qadar.
a. Melatih kesabaran, bersyukur, dan tawakal.
b. Menghilangkan sikap putus asa, keluh kesah, dan ujub.
c. Membuahkan ketentraman hati dan jiwa dalam hidup.
     orang yang beriman kepada qada dan Qadar senantiasa mengalami ketenangan jiwa dalam hidupnya, sebab ia selalu menerima dan mensyukuri apa yang ditentukan Allah SWT. kepadanya.
d. Selalu optimis dan giat dalam bekerja
     Untuk mendapatkan suatu keberuntungan, maka manusia harus berusaha untuk meraihnya.iya harus selalu optimis dan tidak berputus asa manakala mengalami sebuah kegagalan, karena kegagalan, berarti harus lebih giat lagi berusaha dengan jalan lain yang diridai Allah SWT.

PENULIS: AN NISA AULIA