Kultum 20 Ramadhan :Keutamaan Sholat Tarawih Hari Ke-1 Sampai Ke-30 Beserta Dalil Sesuai Hadis Nabi Muhammad SAW

Daftar Isi

Asalamualaikum warohmatullohi wabatokatuh.

Alhamdulilahiladzi arsala rosulahu bil Huda wadinilhaqqi liyudlhirohu 'ala dini kulihi wakaf billahi syahiida.

Washolatu wasalamu ala rosulilahi sayiidul anbiya.

Hadirin wal hadirat rohimanii warohimakumulloh

Kita diberikan kenikmatan oleh Alloh SWT dapat melihat bulan suci ramadhan tahun ini, semoga menjadikan kita semakin berusaha mensyukuri segala nikmatnya.

Sholawat dan salam kita haturkan kepada nabi akhir zaman nabiyulloh Muhammad Saw yang kita nantikan harapkan syafaatnya kelak di hari akhir, semoga kita menjadi umat yang pantas mendapatkan syafaatnya amiin.

Salat tarawih memang indah dan menyenangkan . Begitu memasuki awal bulan, kaum muslim laki laki dan perempuan, orang tua, pemuda anak   anak berduyun-duyun menuju masjid dan musala sambil menyandang sajadah dengan wajah gembira segera melaksanakan salat tarawih berjamaah .

Banyak diantara saudara muslim bertanya pahala dan keutamaan Sholat Tarowih dan meminta untuk di tuliskan untuk kultum atau untuk bekal ibadah saja, sehingga penulis akan menulisnya sesuai dengan pengetahuan kami.

Fadilah atau Keutamaan sholat Tarowih berdasarkan hadis Rasulallah Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib Karomallohu wajhah warodiyallohu 'anhu semoga menjadikan motifasi untuk terus Istiqomah menjalankannya di Ramadhan tahun ini.

Dikutip dari kitab Durotunnasihin Karya Syaikh Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir Al khobawiiy Halaman 18, saat Rasullullah Muhammad Saw di tanya keutamaan sholat Tarowih kemudian beliau menjelaskan keutamaan Sholat Tarowih dari 1 Ramdhan sampai 30 Ramadhan.

Saat jamaah akan melakukan sholat Tarowih di Mushola Foto:kangprayit.com


Keutamaan Shalat Tarawih Pada malam pertama Ramadhan, barang siapa yang sholat Tarowih maka dia akan di keluarlah dosanya orang mukmin sebagaimana ibunya baru saat melahirkan ia didunia.

- Keutamaan Pada malam kedua, Alloh akan mengampuni Orang yang melaksanakan Sholat Tarawih dosanya dan dosa kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.

- Keutamaan Pada malam ketiga, Para Malaikat menyeru dari bawah ‘Arsy: “mulailah untuk melakukan amal kebajikan, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu”.

- Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam keempat, Barang siapa melaksanakan sholat tarowih pada malam ini dan Orang itu beriman, maka dia akan mendapat pahala layaknya orang yang membaca kitab Taurot, Zabur, Injil dan Al-Qur’an.

Pada Malam kelima keutamaannya Allah SWT akan menganugerahkan pahala kepada yang Tarowih di malam ke lima, llayaknya orang yang sholat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha.

- Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam keenam, Allah SWT memberikan padanya pahala seperti pahala bagi orang yang melakukan Thowaf di Baitul Makmur dan Bebatuan memohonkan ampunan baginya.

- Keutamaan Pada Malam ketujuh, Bagi orang yang melaksanakan Sholat Tarawih seakan-akan menemui zaman Nabi Musa dan menolongnya dari serangan bala tentara Fir'aun dan Haman.

- Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam kedelapan, Allah SWT akan memberikan segala sesuatu yang sudah diberikan-NYA kepada Nabi Ibrahim AS.

Pada Malam kesembilan, Orang yang Sholat Tarawih Mendapat pahala seperti layaknya pahala ibadah yang dilakukan oleh para Nabi.

- Pada Malam ke-10, Allah SWT akan memberikan kebaikan dunia dan akhirat bagi yang Sholat Tarawih.

- Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-11, Bagi orang yang Sholat tarawih kelak ia akan keluar dari dunia (mati) seperti hari dimana ia baru dilahirkan dari rahim ibunya artinya ia tidak memiliki dosa sedikitpun.


-Pada Malam ke-12, Kelak ia akan berjalan di hari kiamat dengan wajah yang bersinar bagaikan rembulan di bulan purnama.

- Pada Malam ke-13, orang yang shalat Tarawih, Pada saat hari kiamat tiba, ia akan selamat dari segala macam keburukan.

- Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-14, Malaikat akan menjadi saksi bagi yang melaksanakan shalat tarawih, sehingga kelak di hari kiamat dia tidak perlu dihisab (dihitung) amalnya.


-Pada Malam ke-15, Seluruh Malaikat dan Malaikat yang menyangga ‘Arsy bersama-sama mendoakan selamat kepada orang yang Sholat Tarawih.

- Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-16, Allah SWT kelak akan menulisnya termasuk kedalam golongan orang yang selamat dari api neraka dan mendapat keberuntungan masuk surga.

-Pada Malam ke-17, yang Solat Tarawih akan diberi pahala seperti layaknya para Nabi-Nabi Allah swt.

-Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-18, Para Malaikat berseru: “Hai hamba Allah (Yang Solat Tarawih), seseungguhnya Allah SWT telah memberi ampunan kepadamu dan kedua orang tuamu”.

Pada Malam ke-19, Allah SWT kelak akan mengangkat derajat yang tarowih di surga firdaus."

- Pada Malam ke-20, bagi yang Sholat Tarawih diberi pahala layaknya orang yang mati syahid dan pahalanya orang-orang shalih.

- Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-21, Allah SWT kelak akan membangunkan untuknya sebuah rumah yang terbuat dari cahaya di surga.


-Pada Malam ke-22, jika hari kiamat kelak tiba, maka yang Solat Tarawih akan selamat dari segala bentuk kesusahan dan kebingungan.

- Fadhilah shalat tarawih Pada Malam ke-23, Allah SWT akan membangunkan sebuah kota di Surga ini tentunya bagi yang sholat Tarawih

- Pada Malam ke- 24, Bagi yang Sholat Tarawih Allah SWT memberikan 24 do’a yang akan dikabulkan.

- Fadhilah shalat tarawih Pada Malam ke-25, Allah SWT akan menghilangkan siksa kubur untuknya.

- Pada Malam ke- 26 Ramadhan keutamaannya, Allah SWT meningkatkan baginya pahala selama 40 tahun.

- Fadhilah shalat tarawih Pada Malam ke-27, Tiba di hari kiamat kelak, dia akan melewati jembatan (syirathal mustaqiim) seperti kilat yang menyambar.

-Shalat Tarawih Pada Malam ke-28, Allah SWT mengangkat seribu derajat baginya didalam surga.

- Pada Malam ke-29, Allah SWT akan memberikan pahala seribu (1.000) kali ibadah haji yang diterima.


 -Sedang Fadhilah shalat tarawih malam terahir Pada malam  ke-30 Ramadhan, Allah SWT berfirman: “Wahai hambaku makanlah buah surga, minumlah minuman surga, mandilah dari air surga, Aku Tuhanmu dan kamu hambaKu”.

Demikian penjelasan serta dalil pahala dan keutamaan Sholat Tarawih hari ke-1 hingga ke-30 yang memiliki banyak sekali nilai keutamaan dan pahala berbeda dalam tiap harinya. 

Semoga kita diberi kekuatan, kesabaran oleh Alloh untuk dapat menjalankan sholat Tarowih di bulan Ramadhan ini.

Wasalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.