Kultum 12 Ramadhan: 10 Adab Mengeluarkan Zakat/ Berderma(2)

Daftar Isi

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah assalatu wassalamu ala rasulillah sayyidina Muhammadibni Abdilah, wa'ala alihi, wasohbihi wamawwalah, laa haula walaquwwata illabillah, amma ba'dah.

Kaum muslimin muslimat rohimakumullah.

Pada kesempatan kultum Ramadhan yang ke-12 ini akan kami sampaikan adab berzakat atau berderma sebagaimana telah kami sampaikan di kultum yang ke-8, baru 5 yang kami tulis, hari ini, akan kami sampaikan yang 5 adab berzakat atau berderma berikutnya:

Ilustrasi Ramadhan


Adab ke-6
, menyembunyikan sedekah.

Sedapat mungkin orang yang bersedekah hendaknya menyembunyikan sedekahnya kecuali bila dengan mengumumkannya terdapat maslahat yang benar.

Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 271:

اِنۡ تُبۡدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ‌ۚ وَاِنۡ تُخۡفُوۡهَا وَ تُؤۡتُوۡهَا الۡفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيۡرٌ لَّكُمۡ‌ؕ وَيُكَفِّرُ عَنۡكُمۡ مِّنۡ سَيِّاٰتِكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡ

 " jika kamu menampakkan sedekahmu maka itu adalah baik sekali dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang faqir maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu" Quran surat al-Baqarah ayat 271).

Adab ke- 7, mudah mengeluarkan sedekah meskipun yang ada sedikit.

Jabir rodhiyallohu 'anhu, meriwayatkan "tidak pernah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam di minta sesuatu kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam mengatakan tidak ada" (Muttafaqun 'alaihi).


Adab ke-8, Tidak boleh mengakhirkan zakat. Saat kita sudah mencapai nishob dan bila sudah mencapai batas waktu 1 tahun atau haul, segeralah mengeluarkan zakat, karena ia merupakan hak orang-orang miskin sebaliknya, kalau mendahulukan zakat maka hal itu dibolehkan.


Kesembilan, termasuk adab sedekah adalah lemah lembut ketika memberikan sedekah, walau tidak membatalkan sedekah dengan ucapan yang menyakitkan hati.

Allah berfirman "perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan perasaan si penerima Allah maha kaya lagi maha penyantun (Q.S.Al-baqarah ayat 263).


Adab ke-10 seorang muslim hendaknya membiasakan diri memberi bersedekah dan lebih mementingkan orang lain meskipun dirinya miskin.


 Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama maka beliau menjawab "juhdul muqili"

"Kesungguhan sedekah orang yang punya sedikit atau miskin" (Hadits riwayat Ahmad dan Nasa'i dan Abu Dawud).

Muslimin muslimat rohimakumullah

Marilah pada bulan Ramadan ini yang penuh dengan berkah kita isi dengan berbagai Derma dan sedekah terutama bila telah sampai waktunya kita membayar zakat maka marilah kita keluarkan zakat marilah kita jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan berderma sebagaimana Rasulullah yang tingkat kedermawanannya pada bulan Ramadhan seperti angin yang berhembus.


Mudah-mudahan kita dimudahkan Allah dalam segala urusan kita sehingga mudah bagi kita mengeluarkan zakat dan sedekah,  amin.


Demikian kultum yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat mohon maaf atas segala kekurangan.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.