Kultum 9 Ramadhan: 10 Adab Berzakat/ Berderma

Daftar Isi

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 Alhamdulillahirobbilalamin wassalatu wassalamu 'ala asyrofil anbiyai wal mursalin wa 'ala alihi wa shohbihi ajma'in. Amma ba'du.

 Alhamdulillah dipagi hari ini kita dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan di hari yang ke-9 tanpa ada halangan apapun semoga yang telah kita lakukan akan dapatkan ridho dari Allah subhanahu wa ta'ala dan di terima di sisinya sebagai amal Hasanah.

Ilustrasi Puasa Ramadhan


Selawat dan salam kita haturkan kepada Baginda Muhammadin shallallahu alaihi wasallam.

Di Ramadhan yang ke-8 ini saya akan menyampaikan Adab dalam berzakat bersedekah atau memberi.

Ketika kita bersedekah atau berzakat ada 10 adab yang harus kita ketahui agar menjadikan nilai tambah dalam kebaikan kita.

Yang pertama, Ikhlas karena Allah ta'ala, karena orang yang tidak ikhlas mengeluarkan zakat atau sedekah maka tidak akan diterima di sisi Allah.

Adab kedua, mengeluarkannya dari yang halal. Rasulullah bersabda: Ayyuhannas innallaha thoyibun layaqbalu illa toyyiban.

Artinya:

"Wahai manusia sesungguhnya Allah adalah baik tidak menerima kecuali yang baik" ( H.R. Muslim).

Ketiga, termasuk adab sedekah adalah memilihkan yang terbaik.

Allah berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَنۡفِقُوۡا مِنۡ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبۡتُمۡ وَمِمَّاۤ اَخۡرَجۡنَا لَـكُمۡ مِّنَ الۡاَرۡضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا الۡخَبِيۡثَ مِنۡهُ تُنۡفِقُوۡنَ وَلَسۡتُمۡ بِاٰخِذِيۡهِ اِلَّاۤ اَنۡ تُغۡمِضُوۡا فِيۡهِ‌ؕ وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّ اللّٰهَ غَنِىٌّ حَمِيۡدٌ

artinya "Hai orang-orang yang beriman nafkahkanlah di jalan Allah sebagian dari hasil usahamu, yang baik-baik dari sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk, lalu kamu nafkahkan dari padanya padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan kan dengan memicingkan kan mata terhadapnya dan ketahuilah bahwa Allah maha kaya lagi maha terpuji" (Q.S.Al-baqarah ayat 267).

Adab yang keempat, mendahulukan kerabat dekat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "bersedekah kepada seorang miskin adalah ah satu sedekah sedang kepada kerabat adalah 2 sedekah sedekah dan silaturahmi" ( H.R. Ahmad Tirmidzi dan Nasa'i).

Kelima, termasuk adab dan anjuran dalam sedekah adalah mencari orang yang punya hutang yang dengan melunasi hutangnya akan membantunya menjalankan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Mangasirol muslimin Rohimanii warohima kumullah cukup sekian, yang dapat kami sampaikan Insya Allah adab berderma atau berzakat akan dilanjutkan di kultum yang ke-10 di bulan Ramadhan, insya Allah.

Semoga bermanfaat mohon maaf atas segala kekurangan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.