Contoh Penghitungan Zakat Fitrah dan Mal dengan Menurut Ulama

Daftar Isi

Sebentar lagi kita akan ada dipenghujung Ramadhan dan segera datang kewajiban zakat fitrah, walau mungkin juga ada yang sudah memberikannya.

Untuk itu tulisan ini memberikan sedikit pengertian dan contoh penghitungan Zakat baik zakat mal atau zakat fitrah.

Gambar Zakat Fitrah (ilustrasi)


Pengertian Nisab adalah batas terendah yang telah ditetapkan secara syar'i yang menjadi pedoman untuk menentukan kewajiban mengeluarkan zakat bagi yang memiliki harta dan telah mencapai ukuran tersebut.

Syarat-syarat nisab adalah:

1. Harta yang akan dizakati di luar kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, kendaraan, dan alat yang digunakan untuk mata pencaharian.

2. Harta yang akan dizakati telah berjalan selama 1 tahun (haul), terhitung dari hari kepemilikan nisab. Kecuali zakat pertanian dan buah-buahan yang diambil ketika panen, serta zakat harta karun yang diambil ketika menemukannya.

Contoh Perhitungan Zakat:

Bapak Ahmad selama usaha 1 tahun penuh memiliki harta yang tersimpan (emas/perak/uang) senilai Rp 100.000.000. Jika harga emas saat ini Rp 622.000/gram, maka nishab zakat senilai Rp 52.870.000. Sehingga Bapak Ahmad sudah wajib menunaikan zakat.
Sehingga Zakat maal yang perlu Bapak Ahmad tunaikan yaitu :

2,5 % x Rp 100.000.000 = Rp 2.500.000

Cara menghitung zakat mal tersebut dapat disesuaikan dengan harga emas yang selalu mengalami perubahan setiap waktu. Bagi Anda yang sudah memenuhi perhitungan nishab, kewajiban zakat mal bisa segera ditunaikan. Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini bisa menjadi kesempatan emas untuk bisa berbagi dengan sesame yang membutuhkan.

Contoh Menghitung Zakat Fitrah

1.Zakat Fitrah per orang = 3,5 liter x harga beras di pasaran per liter.

Contoh: Harga beras di pasar rata-rata Rp10.000,- per liter, maka zakat fitrah yang harus dibayar per orang sebesar Rp35.000,-.

Jika dihitung dari segi berat, maka Zakat Fitrah per orang = 2,5 kg x harga beras di pasaran per kilogram.

2.Contoh Menghitung Zakat Fitrah dengan Zakat Setiap Orang 2,8 Kg.

Dalam keluarga Pak Prayitno Memiliki Satu istri dan dua anak berapakah zakat fitrah yang harus dikeluarkan pak Prayitno?

Jawab : Zakat fitrah yang wajib ditunaikan atau dikeluarkan pak Prayit adalah 2,8 Kg ×Jumlah Keluarga
=2,8 Kg ×4 Orang
=11,2 Kg

3.Menghitung zakat Fitrah dengan Zakat   setiap prang 3 Kg.

Dalam keluarga Pak Fauzi Memiliki Satu istri dan 2 anak laki-laki, 3 Anak Perempuan, serta Ibu kandung berapakah zakat fitrah yang harus dikeluarkan pak Prayitno?

Jawab : Zakat fitrah yang wajib ditunaikan atau dikeluarkan pak fauzi adalah 3kg Kg ×Jumlah Keluarga
=3 Kg ×8 Orang
=24 Kg

Demikian gambaran penghitungan Zakat mal dan fitrah dengan berbagai ukurannya, semoga bermanfaat.