Maksimalkan Layanan, KUA Kaligondang Siapkan Penyuluh Bimbing Calon Pengantin

Daftar Isi

PURBALINGGA (kangprayit.com) Dalam rangka memaksimalkan layanan, Kepala KUA Kecamatan Kaligondang, Saroyo,S.Ag menyiapkan Penyuluh Agama Islam untuk membimbing Calon Pengantin.

Selain Kepala KUA Kecamatan Kaligondang mengapresiasi penyuluh yang sudah mewakili KUA Kecamatan Kaligondang dalam pemilihan penyuluh teladan serta penyuluh yang sudah mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik.

Raker Kepala KUA Kaligondang dengan Penyuluh Agama Islam pada, Rabu (16-06-21)
foto: kangprayit.com


Uraian tugas 8 Penyuluh Agama Islam sesuai dengan bidangnya, terkait kepenyuluhan juga tidak luput dari materi pembinaan dalam Rapat Kerja di Aula KUA Kecamatan Kaligondang pada, Rabu (16-06-21).

Saroyo menuturkan "Pembelakan calon pengantin sudah menjadi tugas rutin bagi saya selaku Kepala KUA, terlebih dibulan-bulan Dzulqo'dah, Dzulhijah, Rabi'ul Awwal, biasanya melonjak berbeda dengan bulan Muharam yang cenderung sepi, sehingga Monggo penyuluh untuk dapat membantu memberikan bimbingan Calon Pengantin". 

"Materi yang diberikan diantaranya seputar Pengetahuan Dasar Agama, Dasar-dasar pernikahan terkait juga dengan Undang-undang pernikahan serta waktu penyampaiannya sesuai kebutuhan" tuturnya.

" Sebagai panduan dapat menggunakan buku yang berjudul Pondasi Keluarga Sakinah, sekaligus sebagai tambahan refrensi pembekakan calon pengantin" tambahnya.

Masing-masing Calon Pengantin (Catin) akan mendapat buku berjudul Pondasi Keluarga Sakinah dan penjelasannya oleh penyuluh dan akan difoto serta mengisi form yang sudah disiapkan dari KUA dan Catin memberikan tanda tangan untuk kelengkapan administrasi.

Teknis pelaksanaan bimbingan sesuai dengan jadwal piket dan diatur sepenuhnya oleh Penyuluh Agama Islam.