Contoh Materi Pesantren Kilat atau Pesantren Virtual

Daftar Isi

 

Materi Pesantren Kilat

SD N 1 Pagerandong

 

 

A.    Rukun Iman

Rukun artinya pokok atau dasar. Sedangkan iman artinya percaya dan yakin. Jadi, rukun iman artinya pokok atau dasar mempercayai bahwa Allah SWT Tuhan seluruh alam dan Allah yang telah menciptakan alam semesta. Iman harus diyakini di dalam hati, diucapkan melalui lisan, dan diamalkan dengan perbuatan.

Rukun iman ada 6, yaitu :

1.      Iman kepada Allah

Kita wajib meyakini bahwa Allah itu ada. Allah yang telah menciptakan alam semesta, termasuk bumi dan seisinya. Allah berkuasa kepada seluruh ciptaan Nya. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim kita wajib menyembah hanya kepada Allah SWT, memohon perlindungan. Melaksanakan segala perintah Nya dan menjauhi segala larangan Nya.

2.      Iman kepada malaikat

Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari nur atau cahaya. Malaikat merupakan makhluk ghaib dan sangat taat kepada Allah SWT. Malaikat yang wajib kita ketahui ada 10, yaitu malaikat Jibril, Mikail, Israil, Israfil, Munkar, Nakir, Rakib, Atid, Malik, Ridwan. Masing masing malaikat mempunyai tugas yang harus dikerjakan.

3.      Iman kepada kitab-kitab Allah

Yakni mengimani dan mengakui serta mengamalkan ajaran kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari. Allah mewahyukan kitab suci kepada para rasul Nya. Kitab suci berisi petunjuk, larangan dan perintah Allah kepada seluruh umat manusia.

Allah menurunkan 4 kitab suci, yaitu kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa, kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud, kitab Injil kepada Nabi Isa, dan kitab Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.

Al Qur’an merupakan kitab suci umat Islam, dimana orang yang membacanya akan mendapatkan pahala. Karena membaca Al Qur’an adalah ibadah.

4.      Iman kepada rasul

Rasul adalah manusia pilihan yang diutus oleh Allah SWT untuk mengajarkan kepada manusia agar manusia berbuat baik dan menyembah Allah. Rasul yang pertama adalah Nabi Adam, dan rasul yang terakhir adalah Nabi Muhammad. Setelah nabi Muhammad tidak ada rasul lain yang diutus. Rasul yang wajib diketahui ada 25.

5.      Iman kepada hari kiamat

Hari kiamat juga biasa disebut dengan hari akhir. Berakhirnya kehidupan didunia, hancurnya alam semesta. Gunung meletus, tsunami, banjir, tanah longsor dan segala kerusakan di bumi.  Semua amal manusia akan dihitung atau ditimbang (hisab). Orang yang memiliki akhlak yang baik akan masuk surga, sedangkan orang yang beramal jelek akan masuk neraka. Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan amal ibadah kita didunia dan jauhilah perbuatan-perbuatan tercela.

6.      Iman kepada qada dan qadar

Qada artinya ketetapan Allah pada zaman azzali, zaman dimana manusia belum diciptakan kedunia. Tentang jodoh, rezeki, dan kematian. Qadar artinya ketetapan Allah yang telah terjadi pada diri makhluk Nya.

Diciptakannya laki-laki dan perempuan, takdirnya manusia menjadi miskin dan kaya, kematian dan kelahiran seseorang, dan baik buruknya kelakuan manusia didunia.

Qada dan qadar biasa disebut dengan takdir Allah. Manusia harus selalu berdoa dan berusaha, untuk hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT.

 

B.     Rukun Islam

Rukun islam diartikan sebagai pokok-pokok ajaran agama islam. Rukun islam merupakan ajaran yang harus dikerjakan oleh umat islam atau umat muslim.

Rukun islam ada 5, yaitu :

1.      Membaca dua kalimat syahadat

Syahadat artinya persaksian. Bunyi syahadat sebagai berikut : “Asyhadu ‘alla illaaha illallaah, Wa’ashadua anna muhammadarrasuulullah”, yang artinya adalah saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad utusan Allah.

2.      Melaksanakan shalat 5 waktu

Shalat artinya berdoa. Shalat bertujuan untuk menyembah kepada Allah. Mengerjakan shalat hukumnya wajib bagi umat muslim, bagi yang mengerjakan akan mendapatkan pahala dan bagi yang meninggalkannya akan mendapatkan dosa.

Shalat dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam. Shalat wajib 5 waktu terdiri dari shalat subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya.

3.      Membayar zakat

Zakat artinya bersih. Zakat berarti memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada yang berhak menerimanya, seperti fakir miskin. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh seluruh umat muslim termasuk bayi yang baru saja dilahirkan berupa makanan pokok. Sedangkan zakat mal berupa zakat harta.

Orang yang telah membayar zakat berarti telah membersihkan hartanya dari yang bukan haknya.

4.      Berpuasa dibulan Ramadhan

Puasa berarti tidak makan dan tidak minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa ramadhan hukumnya wajib dan dilakukan sebulan penuh. Puasa juga harus menahan amarah dan hawa nafsu agar dapat dilaksanakan dengan khusyuk.

5.      Ibadah haji ke baitullah

Ibadah haji yaitu pergi ke tanah suci yang berada di Mekah yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijah. Menunaikan ibadah haji wajib bagi yang mampu untuk biaya perjalanan , seperti orang kaya. Juga mampu karena kesehatannya.

 

C.    Suratan Pendek

Didalam melaksanakan puasa ramadhan, seringkali dilakukan ibadah-ibadah yang lain untuk menambah keimanan kita kepada Allah SWT serta mengharapkan pahala yang berlimpah. Salah satunya adalah membaca Al Qur’an. Al Qur’an yang merupakan kitab suci agama islam yang apabila kita selalu membacanya kita akan mendapatkan pahala, apalagi dibulan suci ramadhan.

Untuk menambah ilmu-ilmu agama, kita bisa dengan menghafal surat-surat pendek dalam Al Qur’an dan menerjemahkan agar kita lebih mendalami arti ayat Al Qur’an itu sendiri. Salah satunya terkait pada bulan ramadhan ada salah satu surat yang sangat menonjol yaitu surat Al Qadr yang artinya kemuliaan.

Disebut sebagai malam kemuliaan karena malam itu lebih baik dari seribu bulan. Tidak ada bulan yang dapat menandingi malam lailatul qadr. Malam lailatul qadr terjadi pada sepuluh malam terakhir pada bulan ramadhan dan ada pada malam-malam ganjil. Seperti malam 21, 23, 25, 27 dan 29.

Di malam tersebut turunlah malaikat Jibril ditemani dengan malaikat-malaikat yang lain untuk mengatur segala urusan yang ada dibumi. Dan pada malam itu penuh dengan kesejahteraan dari malam sampai terbitnya fajar.

Sehingga bagi orang-orang yang mendapatkan malam lailatul qadr sangat-sangat bersyukur, karena tidak semua orang mendapatkannya.

 

D.    Akhlakul Karimah

Akhlakul karimah artinya budi pekerti atau kelakuan yang tidak berlebih-lebihan, baik perilaku rendah hati, berilmu, jujur, menepati janji, amanah, berani, jujur, sopan santun, sabar, syukur dan lain sebagainya. Dalam kehidupan sehari-hari didalam keluarga, lingkungan rumah/ tetangga, disekolah, ditempat umum atau dimana saja kita berada harus menjaga perangai kita. Akan sangat memalukan jika kita berbuat tidak baik, karena akan berimbas kepada diri kita.

Allah didalam kitab Al Qur’an telah berfirman: “Wainnaka la’alaa khulqin ‘adziim”, yang artinya “dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berada diatas budi pekerti yang agung” (QS Al Qolam ayat 4). Begitu pula dengan sabda Rasulullah yang artinya “Aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia” (HR. Imam Malik).

Sehingga tidak dapat diragukan lagi bahwasannya untuk berbuat atau berperilaku baik sudah diajarkan oleh Allah didalam kitab Al Qur’an. Bahkan nabi-nabi sebelumnya yang telah diutus memerintahkan kepada umatnya untuk menjaga perilaku dari perbuatan tercela.

 

E.     Kisah Nabi Isa as

Nabi Isa lahir dari seorang wanita suci yaitu Siti Maryam, putri dari pasangan Imran dan Hannah yang masih berkerabat dengan nabi Zakaria. Sebelumnya orang tua Maryam sangat mendambakan seorang keturunan. Setelah sekian lama mereka berumah tangga belum pernah sekalipun dikaruniai seorang anak. Bahkan Hannah bernazar dan berdoa kepada Allah, jika kelak ia dapat melahirkan seorang anak, maka ia akan mewakafkan anaknya tersebut ke Baitul Maqdis.

Akhirnya doa Hannah terkabul dengan munculnya tanda-tanda kehamilan. Bulan kebulan kandungannya semakin membesar, hingga usia kehamilannya mencapai sembilan bulan. Hannah pun melahirkan seorang anak perempuan. Akan tetapi meskipun bahagia, ia bingung karena mana mungkin ia menyerahkan seorang anak perempuan untuk menjaga Baitul Maqdis ?

Meskipun Hannah bingung dengan anak yang dilahirkannya adalah anak perempuan bukan seorang anak laki-laki seperti harapannya, namun Allah Maha Mengetahui. Akhirnya ia pun menitipkan anaknya yang bernama Maryam tersebut kepada nabi Zakaria. Hannah pun berdoa.

“Ya Allah, Engkau telah memberiku seorang anak perempuan. Kuberi nama dia Maryam. Dia akan kuserahkan kerumah Mu. Semoga Engkau melindunginya dari godaan setan.”

Maryam pun diserahkan kepada Nabi Zakaria yang saat itu memipmin Baitul Maqdis. Dijaganya Maryam dengan sangat hati-hati demi menjaga kesuciannya. Pada saat Maryam beranjak dewasa Nabi Zakaria membuatkan Maryam sebuah kamar kecil disebuah mihrab. Kamar tersebut selalu terkunci dari luar setiap kali Nabi Zakaria keluar. Semua itu demi menjaga kesuciannya. Akan tetapi setiap kali Nabi Zakaria kembali selalu saja terdapat banyak makanan dikamar tersebut.

“wahai Maryam, darimana engkau mendapatkan makanan ini ?” tanya nabi Zakaria.

“Saya mendapatkannya dari Allah,” jawab Maryam.ternayat selama ini Allah telah mengutus malaikat Jibril untuk menjaga Maryam. Pada suatu hari Maryam diberitahu bahwa ia akan dikaruniai seorang anak yang bernama Isa. Tentu saja Maryam kaget, bagaimana dia bisa memperoleh anak, sedangkan tidak seorangpun yang pernah menyentuhnya.

“Hal itu merupakan perkara yang mudah bagi Allah sebagai tanda kekuasaan Nya”. Kata Jibril menenangkan.

Maryam betul-betul hamil dan semakin lama perutnya semakin membesar. Hal tersebut tentu saja membuat gunjingan diantara orang-orang bani israil, bahwa Maryam telah berlaku nista. Akan tetapi Maryam hanya diam menanggapi gunjingan tersebut. Ia yakin bahwa kebenaran akan datang dari Allah kepadanya. Sampai akhirnya tibalah waktunya Maryam melahirkan, ia pun keluar kampung dan hanya ditemani oleh Malaikat Jibril.

Setelah Maryam melahirkan seorang bayi laki-laki, ia kembali kekampungnya. Ternyata gunjungan serta celaan orang-orang semakin menjadi-jadi. Seperti biasa ia pun hanya diam, namun ia memberi syarat kepada bayinya untuk menyangkal semua tuduhan dan fitnah yang dilontarkan orang-orang kepadanya.

“Bagaimana bisa kami berbicara dengan bayi ?” . tanya mereka.

Dengan kekuasaan Allah, bayi Isa pun berbicara kepada mereka.

“Sesungguhnya aku adalah seorang hamba Allah. Aku diberi sebuah kitab dan dijadikan seorang nabi”.

Menyaksikan itu orang-orang yang tadinya memperolok dan menggunjingkan Maryam terdiam. Mereka tertunduk dan akhirnya mengakui Maryam sebagai wanita yang suci yang telah dipilih Allah untuk melahirkan seorang nabi.

Isa putra Maryam akhirnya tumbuh dewasa, dan sesuai dengan yang difirmankan oleh Allah beliaupun menjadi seorang nabi. Beliau menyebarkan ajaran untuk beribadah kepada Allah dan hanya Dialah yang patut disembah. Kemanapun beliau pergi banyak orang yang mengikutinya hanya demi mendengarkan lebih banyak lagi ajarannya.

Sebagaimana dengan nabi-nabi sebelumnya, Nabi isa memiliki banyak mukjizat, yaitu menyembuhkan orang berpenyakit kusta, menyembuhkan orang lumpuh, menyembuhkan orang buta, menghidupkan orang mati, mendatangkan makanan dari langit, dan membuat burung dari tanah liat dengan membuatnya bernyawa atas izin Allah SWT.

Dari waktu ke waktu pengikut nabi Isa semakin bertambah dan para pengikut yang setia dikenal dengan sebutan Hawari. Mereka mengaku beriman dan berserah diru kepada Allah. Suatu ketika kaum Hawari bertanya kepada Nabi Isa.

“Wahai Isa putra Maryam! Bersediakah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit ?”

Nabi Isa pun menjawab pertanyaan mereka.

“Bertaqwalah kepada Allah jika kamu orang-orang beriman”.

Kemudian mereka kembali berkata.

“kami ingin memakan hidangan itu agar tenteram hati kami dan agar kami yakin bahwa engkau telah berkata benar kepada kami, dan kami orang-orang yang menyaksikan”.

Kemudian Nabi Isa pun berdoa kepada Allah untuk memenuhi permintaan para pengikutnya.

“Ya Allah Tuhan kami. Turunkanlah kepada kami hidangan dari langit yang hari turunnya akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaanMu, berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki”.

Allah pun menjawab doa-doa Nabi Isa dan mengabulkannya. Allah berfiman.

“Sungguh, Aku akan menurunkan hidangan itu kepadamu, tetapi barang siapa kafir diantaramu setelah itu, maka sungguh Aku akan mengazabnya dengan azab yang tidak pernah Aku timpakan kepada seorang pun diantara umat manusia seluruh alam ”.

Kemudian demikian, tetap saja diantara kaum Hawari itu ada seorang sahabat atau pengikut Nabi Isa yang berkhianat, namanya Yudas Iskairot. Ia dengan sengaja memberikan laporan palsu kepada rasa Romawi tentang Nabi Isa, sehingga sang Raja memerintahkan pasukannya untuk menangkap dan akan menghukum salib Nabi Isa. Segeralah pasukan menggeledah tempat Nabi Isa saat memberikanbpengajaran kepada para pengikutnya. Akan tetapi, mereka tidak menemukan Nabi Isa melainkan si pengkhianat Yudas iskariot yang wajahnya diserupakan dengan Nabi Isa. Sedangkan Nabi Isa sendiri diangkat oleh Allah ke langit. Akhirnya Yudas yang disangka Nabi Isa itu dihukum salib hingga ia mati.

Menurut keterangan di dalam Al Qur’an, Nabi Isa akan turun ke bumi untuk memerangi Dajjal yang membuat kehancuran dimuka bumi serta meluruskan ajaran Islam yang pernah dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, karena tatkala kiamat semakin dekat, Islam sudah mengalami banyak penyimpangan sehingga terbagi kedalam 72 golongan. Akan tetapi hanya satu yang Allah terima dan diakui sebagai ajaran Islam sejati.

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN