Lengkap! Bacaan Bilal Sholat Idul Adha Besok, Latin serta Artinya

Daftar Isi

 Sholat idul adha besok sesuai dengan SE Nomor 17 untuk dapat dilaksanakan dirumah masing-masing dengan keluarga inti.

Dikarenakan Masjid atau mushola dan lapangan serta tempat lainnya yang dikelola masyarakat untuk melaksanakan sholat idul adha untuk sementara waktu demi terputusnya rantai pandemi Covid 19.


Dan penutupan tempat ibadah diatas merupakan ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan baik diri sendiri dan orang lain karena sebagaimana dalam Ushul fikih dikatakan " Laa dirara wala dirara" tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain.

Selain itu juga sudah sesuai dengan dalil dalam Ushul fikih untuk mendahulukan pencegahan bahaya dari pada mendapatkan maslahah.

Gambar Ilustrasi Sholat Idul Adha


PPKM itu tidak melanggar Sari'at agama, tetapi melakukan sari'at , Al Qur'an, ولا تقتلوا انفسكم .

Sedang dasar dalam ilmu Usul Fiqi yang berbunyi
دراء المفاسد اولي من جلب المصالح
دفع المضار  مقدم من جلب المنافع

Sehingga kita untuk dapat melaksanakan sholat idul adha dirumah dan inilah Bilal Sholat idul adha untuk persiapan besok.

Berikut ini adalah bacaan bilal saat salat Iduladha, seperti dikutip dari Nu Online:

الصَّلَاةَ جَامِعَةً

As-shalāta(u) jāmi‘ah.

Artinya: “(Marilah) shalat Idul Adha berjamaah."

Bilal atau muazin dapat menambahkan beberapa kata pada lafal seruan seperti “as-shalāta(u) jāmi‘ah." Lafal seruan setelah penambahan ini dapat berbeda-beda di masing-masing masjid, musala, atau tanah terbuka.

Salah satu seruan bilal atau muazin pada salat Id adalah sebagai berikut:

الصَّلَاةَ... الصَّلَاةَ... الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ

الصَّلَاةَ... الصَّلَاةَ... الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ

الصَّلَاةَ... الصَّلَاةَ... الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

As-shalāh… As-shalāh… As-shalāta(u) sunnatan li ‘īdil Adhā jāmi‘ah rahimakumullāh.

As-shalāh… As-shalāh… As-shalāta(u) sunnatan li ‘īdil Adhā jāmi‘ah rahimakumullāh.

As-shalāh… As-shalāh… As-shalāta(u) sunnatan li ‘īdil Adhā lā ilāha illallāh.

Artinya: “(Marilah kita) salat… (Marilah kita) salat… (Marilah kita) salat sunnah Iduladha berjamaah. Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya kepadamu semua. (Marilah kita) salat… (Marilah kita) salat… (Marilah kita) salat sunnah Iduladha berjamaah. Semoga allah menurunkan rahmat-Nya kepadamu semua (Marilah kita) salat… (Marilah kita) salat… (Marilah kita) shalat sunnah Iduladha berjamaah. Tiada tuhan selain Allah."

Adapun keterangan terkait seruan bilal pada salat Idul Adha dapat ditemukan pada Kitab Al-Muhadzdzab dan syarahnya Al-Majmu’ sebagai berikut:

ولا يؤذن لها ولا يقام لما روى عن بن عباس رضي الله عنهما قال " شهدت العيد مع رسول الله صلي الله عليه وسلم ومع أبي بكر وعمر وعثمان رضي الله عنهم فكلهم صلى قبل الخطبة بغير اذان ولا اقامة " والسنة أن ينادى لها الصلاة جامعة لما روى عن الزهري أنه كان ينادى به

Artinya: “Pada shalat Idul tidak terdapat kumandang azan dan ikamah sebagaimana riwayat Ibnu Abbas RA ‘Aku menyaksikan salat Id bersama Rasulullah SAW, Abu Bakar, Umar, dan Ustman RA. Mereka semua melakukan salat sebelum khotbah tanpa azan dan ikamah.’ (Bilal) Dianjurkan untuk menyeru dengan ‘as-shalāta(u) jāmi‘ah’ sebagaimana riwayat Az-Zuhri RA bahwa ia diseru dengan kalimat demikian."

Demikian semoga bermanfaat bagi anda yang mau melaksanakan sholat idul adha besok 20 Juli 2021 dan tetap menerapkan protokol kesehatan.