Apakah Syurga dan Neraka rusak juga?

Daftar Isi

 Pembahasan dalam bidang ilmu akidah islam seputar hari kiamat yang menjadikan muncul sebuah pertanyaan yang bermacam-macam bagi sebgian muslim salah satunya pertanyaan neraka dan syurga.

Deskripsi masalah

Sebagaimana disebutkan dalam alquran surah al qashas ayat 88 dijelaskan, bahwa segala sesuatu akan rusak kecuali Dzal allah swt.

Pertanyaan

Apakah surga dan neraka akan rusak juga?

Jawaban

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa yang dimaksud rusak pada ayat diatas adalah segala sesuatu selain dzat allah swt bisa (jaiz) menerima kerusakan, sedangkan Dzat Allah swt tidak akan rusak. Ada delapan perkara yang dikecualikan dari ayat tersebut, yakni diantaranya adalah surga dan neraka.

Rujukan atau dasar  


Dasar surga neraka tidak rusak

Penjelasan dalam kitab hasyiyahnya al 'alaamah ashowi atas tafsir jalalain halaman 229 sampai halaman 230. disebutkan maksud dari firman alloh yang berbunyi " Qauluhu kulu syaiun haalukun illa wajjhah" artinya setiap sesuatu selain allah menerima atau memungkinkan untuk terkena rusak dan jaiz rusak, karena wujudnya tidak dzatiyah, da ada delapan yang dikecualikan rusak sebagaiman yang dinadzomkan oleh ima asyuyuthi yaitu 'arsy, Kursy, Nerka, Surga, 'ajbun, Ruh, Lauh, Qolam.

demikian penjelasan kami semoga bermanfaat mohon maaf atas segala kesalahan kekhilafan.