Sambut Ramadhan, MIN 2 Purbalingga Gelar Ziarah Kubur Leluhur dan Syaikh Jambu Karang

Daftar Isi

PURBALINGGA (kangprayit.com) Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gelar Ziarah Leluhur Dusun Pringgading Purbasari dan Maqam Syaikh Jambu Karang pada, Jumat (Jumat 01-04-22).

Kepala MIN 2 Purbalingga H.Ahmadi, S.Ag.,M.Pd. menyampaikan " Rangkaian kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan 1443H bertepatan juga dengan program Jumat Berkah dengan rangkaian kegiatan, bermaaf-maafan guru dengan guru, guru dengan peserta didik, dan peserta didik dengan peserta didik".

Kiyai Ridwan saat memimpin pembacaan Tahlil dan surah Yasin bersama Siswa MIN 2 Purbalinggad Syaikh Jambukarang,Jumat (01-04-22) foto: kangprayit.com

" Dilanjutkan Ziarah Kubur ke Maqom leluhur Dusun Pringgading Purbayasa dan Maqom Syekh Jambu Karang dan di akhiri dengan Makan bersama" tambahnya.

"Tujuan dari ziaroh adalah nguri uri kearifan lokal untuk mengingat bahwa semua manusia akan menjumpai kematian, Ziarah kubur itu dianjurkan karena mendoakan kepada yang mati dan bisa mengingatkan yang hidup akan kematian" tutur salah satu Guru Madrasah, Syaroful Anam.

"Kegiatan ini bertujuan untuk    memupuk rasa penghargaan kepada para pendahulu, ngalap berkah dan memberi nuansa baru menjelang bulan suci Ramadhan agar memotifasi siswa untuk dapat beribadah puasa serta ibadah yang lain di bulan suci Ramadhan 1443 H" tambahnya.

Ziarah diawali berziarah di makam leluhur Dusun Pringgading Desa Purbasari diikuti Guru dan Staf serta Siswa dari kelas satu sampai kelas enam, sedangkan ziarah Syaikh Jambu Karang diikuti oleh Kelas empat, lima dan enam serta Guru dan Staf dan dipimpin langsung oleh Kiyai Ridwan dari Desa Sanguwatang" tutur Kepala Madrasah yang baru saja memimpin MIN 2 Purbalingga setelah sebelumnya memimpin Mimanu Penolih Kecamatan Kaligondang.

Tanggapan salah satu siswa Kelas 6 Hilbran Jefri Laksana Putra menyampaikan "saya sangat senang karena kegiatan ziaroh ini untuk pertama kali setelah adanya pandemi covid 19".