Siapa ulama yang sesungguhnya?

Daftar Isi

 PURBALINGGA (kangprayit.com) Siapa ulama yang sebenarnya? Ini pertanyaan yang  muncul saat Kultum yang disampaikan oleh Dr. Imam Satibi,M.Pd.I pada, Ahad  15 Romadlon 1443 H.

Dr Imam Satibi, M.Pd.I saat saat memberikan kultum dan pemaparan pada, Ahad (17-04-22) di RM.Bumbu Desa Kabupaten Purbalingga
foto:kangprayit.com


Saat kita mengenal dengan satu hadist  Al ulama warosatul anbiya kita sering hanya kita terpaku hanya pada satu nabi, Orang sekarang saat menebal nabi itu melihat yang mistis seperti nabi Musa dengan tongkatnya, nabi, nabi Yusuf dengan fisiknya, Nabi Idris terkenal dengan orang yang pinter bisa membaca dan menulis atau jurnalis.

"Ulama itu siapa? apa hanya orang yang ahli agama saja atau orang yang mampu dengan keahlian umum ternyata banyak ulama dulu terkenal dengan sainsnya seperti dalam bidang kedokteran Ibnu Sina" tuturnya.

Solah olah madrsah hanya ahli dalam bidang agama, seolah kita hanya di pageri atau di lokalisir dengan bidang agama.

Penerima Nobel terbanyak adalah agama Yahudi diikuti Nasrani dan Islam, jika kita ingin menguasai dunia maka masih banyak PR, karena banyak ilmu yang banyak harus di kuasai.

Jika umat Islam akan menjadi besar dengan secara demografi, namun jika secara kuwalitas kita dengan masih di lokalisir dengan bidang agama, maka kita perlu menjadikan MA tapi memiliki prestasi dalam bidang umum seperti sains.

Maka hal ini yang terkait madrasah kita untuk dapat memiliki standar capaian lulusan.

Materi di lanjutkan dengan pemaparan tentang menejemen mutu secara lengkap sampai akhir pertemuan dan ditutup dengan buka bersama.(pray)