Aplikasi untuk mengecek rekening penipu

Daftar Isi

 Ada banyak pertanyaan sehubungan maraknya penipuan secara online dari berbagai media yang biasanya memohon sejumlah uang untuk di tranfer melalui rekening dengan diembel embeli sejumlah uang atau hadiah.

Ada yang tertipu memberikan uang atau dapat berupa pulsa.

Apakah ada aplikasi untuk mengecek rekening itu benar atau tidak? Atau mengecek nomer rekening penipu miliknya siapa alamat dan lainya? 

Contoh buku rekening

Salah satu adalah aplikasi CekRekening.id 

Aplikasi ini adalah Situs Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Pengumpulan dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik demi menciptakan lingkungan e-commerce yang sehat, aman, dan nyaman.

Rekening yang dilaporkan adalah rekening terkait Tindak Pidana sebagai berikut:


1.Penipuan

2.Investasi Palsu

3.Narkotika dan Obat Terlarang

4.Terorisme

5.Kejahatan Lainnya

Pelaporan bersumber dari masyarakat, asosiasi, Aparat Penegak Hukum, dan Bank

Pelaporan dilakukan secara online dan offline.

Pelaporan secara online dilakukan melalui aplikasi atau website.

Pelaporan secara offline dengan datang langsung ke Kementerian Komunikasi dan Informatika disertai dengan membawa salinan bukti dugaan tindak pidana.

Mekanisme Normalisasi Rekening

Pemilik rekening dapat mengajukan normalisasi agar rekeningnya tidak termasuk dalam data base rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Pemilik rekening adalah nama yang tercantum dalam rekening.

Syarat pengajuan normalisasi adalah sebagai berikut: • Pemilik rekening melaporkan secara online atau offline disertai capture bukti sanggahan dari aduan pelapor

Dalam hal tertentu, penyelenggara aplikasi dapat mempertemukan antara pelapor dan pemilik rekening jika terjadi perbedaan pendapat.

Penyelenggara aplikasi akan memberi tanda khusus atas rekening yang masih dalam tahap dispute antara pelapor dan pemilik rekening.

Ada juga yang menggunakan aplikasi lain diantaranya dengan menulis link atau klik link seperti dibawah ini https://cekrekening.id/home-card

Kemudian akan terdeteksi siapa pemiliknya dan siapa sajakah yang telah melaporkannya untuk dapat dilakukan tindak lanjut seperti di blokir atau mungkin sebagai barang bukti penipuan.

Semoga bermanfaat.