Gelar Khotmil Qur'an, Madin irsyadul awwam sidanegara, Santuni 45 Yatim

Daftar Isi

PURBALINGGA (kangprayit.com) Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1444 H, Madin Irsyadul 'awwam yang di bawah Yayasan Pendidikan Islam Irsyadul 'awwam Sidanegara menggelar Khotmil Quran, Wisuda Santri dan menyantuni 45 Yatim pada, Sabtu (06-08-22).

Agenda kegiatan diawali dengan pawai obor pada Malam 2 Muharam 1444 H yang bertepatan dengan 1 Agustus 2022 diikuti Ratusan peserta dari wali santri dan santri, baik Paud, Madin Awwaliyah, Wustho, Majelis Taklim serta Santri Ponpes Irsyadul 'awwam.

santunan yatim piatu Yayasan Pendidikan Islam Sidanegara, Kaligondang, Purbalingga Pada, Sabtu (06-08-22) foto:kangprayit.com

Dalam sambutannya Kepala Madin sekaligus Ketua YPI Irsyadul 'awwam Ahmad Prayitno menyampaikan terimakasih dan permohonan maaf kepada para donatur baik wali santri, masyarakat Sidanegara dan donatur lainnya ada dari Upzis NU Care Ranting Desa Sidanegara, Fatayat NU Ranting dan lainnya serta beliau memimpin doa bersamaan dengan 45 yatim piatu agar dikabulkan dan mendapatkan berkah bagi yang sudah berbagi.

"Tahun ini santunan Alhamdulillah mencapai 25.720.000 dari berbagai sumber dan tahun lalu 33 juta ,kami juga ada program santunan rutin setiap selapanan ata 35 hari sekali, dengan jumlah penerima yatim sedesa Sidanegara " tambahnya.

Selain itu Kang Prayit sapaan akrabnya menuturkan " Kami mohon doa Pangestu karena diamanati santri yang mukim mondok di Irsyadul 'awwam semoga kami amanah diberi ketabahan kekuatan dan istiqomah dan yang mengaji disini di berikan ilmu yang bermanfaat, berkah ".

Paryono selaku Kepala Desa Sidanegara dalam sambutannya mengapresiasi dan menyapaikan selamat kepada santri yang sudah wisuda dan khotmil qur'an.

Sambutan Bupati Purbalingga Diayah Hayuning Pratiwi yang di wakilkan Camat Kaligondang, Mengapresiasi kegiatan santunan dan mendoakan " semoga yang sudah berbagi mendapat pahala dan dibalas oleh Allah SWT".

Hadir dalam acara Anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah Fraksi PPP Hj. Nurul Hidayah Suriyati,M.Si.

Acara puncak pengajian di sampaikan oleh K.Fathurahman,S.Ag.,M.Pd. dari Kabupaten Kebumen, menyampaikan keutamaan memiliki anak khotmil quran, kutamaan santunan dan tentang memperbaiki kehidupan untuk akhirat.

"Siki Inyong arep ngaji judule tandan awak kaya kue" tutur kiyai yang menggunakan bahasa dengan ngapak, selanjutnya banyak menuturkan cerita dalam kitab dan refrensi dalam tafsir Alquran serta menuqil maqolah beberapa ulama serta menceritakan sejara Ibnu Mubarok.(pray)