Hurmat Bulan Sura, Warga Desa Sidanegara Gelar Bersih Kubur dan Selamatan

Daftar Isi

PURBALINGGA (kangprayit.com) Dalam rangka Menghormati bulan Sura atau Muharam sebagai bulan pertama di tahun 1444 H Warga Desa Sidanegara Melaksanakan Kegiatan Bersih Makam atau (Kuburan: Jawa).

Warga RT 02 RW 06 Desa Sidanegara, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga saat menikmati sajian Slametan usai bersih kuburan di Mushola Al Iman pada, Kamis (11-08-22) foto; kangprayit.com 

Kegiatan merupakan rutinitas warga Desa Sidanegara saat masuk bulan Muharam dan bulan sya'ban sebagai tradisi yang turun temurun sejak nenek moyang dan pendahulu di Sidanegara.

Pelaksanaan Bersih Kuburan berbeda beda antara RT satu dengan RT lainnya tergantung kesepakatan warga setempat.

Penulis berkesempatan mengikuti acara kebetulan di RT 02 RW 06 yang di tempatkan di Mushola Al Iman pada, Kamis (11-08-22).

Peserta merupakan warga setempat dan umumnya setelah bersih kuburan dilaksanakan Slametan atau syukuran di wilayah masing -masing.

Menurut Suyatman, selaku ketua RT 02 RW 06 " Karena pemerintahan Desa menganjurkan untuk bersih kubur dan kita tadi pagi warga RT 02 RW 06 sudah bersih, sehingga kita malam hari ini Slametan dan doa bersama dengan tahlil, untuk mendoakan keluarga kita yang sudah meninggal dunia, semoga mendapat kekuasan kubur dan maghfiroh ya Allah SWT ".

Tahlil di pimpin oleh Ustadz Ahmad Prayitno, dan selesainya menyampaikan terimakasih atas keikutsertaan warga RT dalam kegiatan santunan dan wisuda yang telah dilaksanakan pada pekan lalu di Irsyadul awwam Majlis Taklim yang diasuhnya.