Inilah 5 Aplikasi Belanja Online Terbaik di Indonesia

Daftar Isi

5 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik 

Kangprayit.com- Saat datangnya cobaan bangsa Indonesia dan negara di dunia berupa Pandemi Covid-19 membuat banyak orang menjadi jarang keluar rumah dan memilih berbelanja online melalui aplikasi untuk berbagai kebutuhannya. Ditambah lagi, berbagai aplikasi tersebut menawarkan banyak penawaran menarik, seperti gratis ongkir, cashback, diskon, paylater, dan COD, tidak heran jika aplikasi belanja online menjadi begitu populer di Indonesia. Pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai rekomendasi berbagai aplikasi belanja online di Indonesia.

Berbagai aplikasi belanja online yang ada saat ini menyediakan hampir semua kebutuhan pengguna, mulai dari produk fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, bahkan produk digital dan bayar tagihan.

Cara Memilih Aplikasi Belanja Online yang Bagus

Ketika akan berbelanja melalui aplikasi belanja online terbaik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Mengenali fitur yang ada pada aplikasi

Pertama, kategori toko resmi yang memberi jaminan barang original, terlebih lagi jika yang akan dibeli barang-barang branded yang banyak tiruannya. Contoh toko resmi pada aplikasi belanja online yang sudah besar adalah Official Store di Tokopedia, Shopee Mall di Shopee, dan Lazmall di Lazada.

Berikutnya ada fitur free ongkir yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang yang berbelanja di aplikasi belanja online terbaik. Fitur ini tentunya akan sangat membantu untuk membeli barang dari toko yang tidak satu daerah dengan rumah Anda. Akan tetapi, umumnya subsidi gratis ongkir maksimal 20 ribu rupiah untuk pulau Jawa dan 40 ribu rupiah untuk antarpulau, sehingga ongkir bisa tetap mahal jika jarak toko terlalu jauh. Selain itu, fitur gratis ongkir biasanya baru bisa digunakan dengan minimal pembelian tertentu.

Untuk Anda yang belum mempunyai rekening atau malas mengisi ulang e-wallet, bisa memakai fitur cash on delivery (COD) yang tersedia hampir di semua aplikasi belanja online. Fitur bayar di tempat atau COD ini juga memungkinkan Anda melihat apakah barang yang dibeli sudah sesuai sebelum melakukan pembayaran.

Fitur lainnya yang ada pada aplikasi belanja online terbaik adalah pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan. Sebelum uang ditransfer ke pembeli, pelanggan perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu dan bisa melakukan komplain jika barang yang diterima tidak sesuai. Biasanya ada jangka waktu tertentu untuk konfirmasi pesanan, sekitar 2-3 hari setelah barang diselesaikan oleh kurir. Apabila belum ada konfirmasi juga sampai tenggat waktu habis, maka uang otomatis ditransfer ke pembeli.

2. Mengecek metode pembayaran yang tersedia

Setelah menemukan fitur yang sesuai dari aplikasi belanja online terbaik pilihan, Anda juga perlu mengecek metode pembayaran yang tersedia. Metode pembayaran yang pasti ada dari banyak aplikasi belanja online adalah transfer bank, baik itu melalui mobile banking, internet banking, ATM, debit langsung, dan kartu kredit atau debit. Saat ini, berbagai aplikasi belanja online juga sudah terintegrasi dengan e-wallet, seperti Gopay, OVO, Linkaja, dan Shopeepay. Aplikasi belanja online biasanya penawaran menarik jika membayar melalui dompet digital yang direkomendasikan.

Pembayaran juga bisa dilakukan secara tunai, baik itu melalui fitur COD atau bayar di kasir minimarket, misalnya Alfamart, Alfamidi, Indomaret, maupun minimarket lain. Selain itu, beberapa aplikasi belanja online juga menyediakan fitur paylater yang memungkinkan Anda untuk belanja dulu dan baru bayar di tanggal tertentu. Pembayaran menggunakan paylater juga bisa dicicil, bisa 3 kali, 6 kali, atau bahkan 12 kali.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa aplikasi belanja online terbaik yang sudah cukup besar, misalnya Shopee dan Tokopedia. Berikut ini sekilas uraian ceklist.id mengenai berbagai aplikasi belanja online yang cukup populer di Indonesia.

1. Shopee

Aplikasi Belanja Online Terbaik Shopee

Salah satu hal yang paling terkenal dari aplikasi belanja online terbaik ini adalah promo flash sale pada setiap tanggal cantik di setiap bulannya, misalnya 11.11 di bulan November dan 12.12 di bulan Desember. Selain itu, Shopee juga menyediakan fitur free ongkir dengan minimal belanja hanya 30 ribu rupiah, atau bahkan 0 rupiah pada saat tertentu. Shopee kini juga sudah merambah ke ranah pembayaran melalui ShopeePay dan ride healing makanan melalui ShopeeFood.

Berikut ini beberapa kelebihan dari Shopee sebagai salah satu aplikasi belanja online terbaik di Indonesia.

Aplikasinya mudah digunakan, bahkan untuk pengguna baru sekalipun.

Cara pembayaran sangat beragam, baik itu transfer bank manual atau otomatis, ShopeePay dan Shopee PayLater, COD atau bayar di tempat, kredit, debit, cicilan, dan bayar di kasir minimarket.

Sering menghadirkan berbagai promo menarik, terutama diskon yang cukup menggiurkan.

Memudahkan pembeli yang merangkap sebagai

Biaya admin isi ulang ShopeePay relatif lebih kecil dibandingkan dengan dompet digital lain.

Sedangkan kekurangannya adalah sebagai berikut.

Promo cashback tidak terlalu besar dan tidak bisa menggunakan 100% cashback untuk belanja.

Customer service relatif lamabat membalas keluhan konsumen maupun penjual.

Promo gratis ongkir yang agak ribet karena biasanya hanya berlaku untuk metode pembayaran tertentu.

Cukup banyak ditemui barang kw dari berbagai merk branded.

Aplikasinya cukup berat untuk digunakan pada ponsel yang punya RAM dan memori kecil.

2. Tokopedia

Aplikasi Belanja Online Terbaik Tokopedia

Tokopedia

Cek Promo Terbaru Tokopedia

E-commerce Tokopedia

Cek Promo & Diskon Tokopedia

Tokopedia menjadi aplikasi belanja online terbaik buatan dalam negeri yang paling populer di Indonesia. Aplikasi Tokopedia dikenal mempunyai tampilan minimalis dan ringan. Pada tahun 2021, Tokopedia melakukan merger dengan Gojek menjadi perusahaan dengan valuasi cukup tinggi.

Kategorisasi toko di Tokopedia juga mudah dipahami, salah satunya adalah official store yang menyediakan barang-barang original. Sebagai aplikasi belanja online terbaik, Tokopedia mempunyai fitur cukup lengkap, seperti free ongkir, sistem pre-order, COD/bayar di tempat, dan pengembalian barang. Menariknya lagi, ada promo setiap akhir bulan di Tokopedia melalui program Waktu Indonesia Belanja.

Adapun kelebihan Tokopedia sebagai salah satu aplikasi belanja online terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut.

Penampilan dari website dan aplikasi yang simple dengan dominasi warna hijau yang terlihat fresh.

Promo gratis ongkir yang bisa langsung otomatis digunakan dalam berbagai jenis pembayaran.

Gratis biaya pengembalian barang yang tidak sesuai dengan pesanan.

Sering menyediakan promo cashback yang cukup besar dan bisa digunakan 100% untuk membayar barang.

Tingkat keamanan akun cukup baik dengan adanya kode OTP.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi Tokopedia adalah sebagai berikut.

Tidak ada fitur blacklist untuk pembeli dan pelanggan yang melakukan pelanggaran tertentu.

Sistem dropshipper cukup sulit untuk dilakukan.

Kurangnya petunjuk pembelian sehingga membingungkan pengguna baru.

Fitur free ongkir baru bisa dinikmati dengan minimum belanja 50 ribu rupiah.

Variasi barang, terutama terkait fashion dan kecantikan, masih belum sebanyak rivalnya.

3. Lazada

Aplikasi Belanja Online Terbaik Lazada

Lazada

Cek Promo Terbaru Lazada

E-commerce Lazada

Cek Promo & Diskon Lazada

Lazada merupakan anak perusahaan raksasa asal Tiongkok, yaitu Alibaba, yang membidik pasar Asia Tenggara. Jadi tdak heran jika sangat mudah menemukan barang impor di Lazada. Begitupun sebaliknya, barang yang Anda jual melalui Lazada sangat mungkin dibeli oleh pembeli dari luar negeri. Seperti aplikasi belanja online terbaik lainnya, di Lazada juga ada  kategori LazMall yang menyediakan produk original dari berbagai brand.

Salah satu program populer dari aplikasi belanja online terbaik ini adalah Laz B’day Sale yang memberikan promo cukup besar, terutama diskon. Untuk Anda yang ingin mencoba belanja di Lazada, coba simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan:

Memberikan promo dan diskon cukup besar kepada pembeli, terutama saat event

Beberapa produk dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan di aplikasi belanja online lain, meski dari toko yang sama.

Mudah mencari barang impor dengan ongkos kirim yang relatif terjangkau.

Gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian hanya 30 ribu rupiah.

Ongkos kirim yang lebih murah dibandingkan aplikasi belanja online lainnya, yaitu hanya sekitar 6.900 rupiah.

Kekurangan:

Sistem COD yang berlaku baru di kota-kota besar.

Banyak ditemukan penjualan barang palsu atau barang branded kw, sehingga rawan akan penipuan.

Konfirmasi pembayaran terbilang cukup lama.

Aplikasi yang tampak ‘berantakan’ dan berjalan sangat lambat pada ponsel yang mempunyai RAM kecil.

4. Zalora

Seperti halnya Shopee, kantor pusat Zalora juga berada di Singapura, namun sudah merambah ke berbagai negara, seperti Hong Kong, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Indonesia. Zalora menjadi salah satu pilihan aplikasi belanja online terbaik untuk membeli barang branded, terutama yang terkait fashion dan perawatan tubuh atau wajah. Selain terpercaya sebagai aplikasi belanja online yang menjual barang branded original, kelebihan lain Zalora adalah:

Tampilan aplikasi simple, berkelas, dan mudah digunakan, meski oleh pengguna baru.

Produk terbagi dalam kategori yang rapi dan menggunakan model gambar yang high quality sehingga detail gambar produk tampak sangat jelas.

Tersedia layanan gratis 30 hari pengembalian atau penukaran barang apabila barang tidak sesuai dengan pesanan, dan uang bisa kembali 100 persen jika stok barang habis.

Banyak voucher cashback maupun diskon dengan minimal pembelian tertentu.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi belanja online terbaik ini adalah:

Fitur free ongkir baru bisa dipakai dengan minimal pembelian 200 ribu rupiah.

Konfirmasi pembayaran relatif lebih lama dibandingkan dengan aplikasi belanja online

Voucher promo baru bisa digunakan dengan minimal pembelian yang cukup besar, biasanya di atas 200 ribu rupiah.

5. Blibli

Aplikasi Belanja Online Terbaik Blibli

Selanjutnya ada Blibli merupakan anak perusahaan Djarum yang berdiri sejak 2010. Pada Blibli juga terdapat Official Store untuk memberi barang yang terjamin original, serta ada BlibliMart untuk kategori Supermarket. Salah satu keunggulan aplikasi belanja online terbaik ini adalah dukungan metode pembayaran QRIS melalui website-nya. Kelebihan lain dari Blibli adalah sebagai berikut.

Tampilan UI dan UX-nya minimalis, responsif, dan mudah dipahami oleh pengguna baru ketika akan bertransaksi.

Menyediakan free ongkir untuk wilayah tertentu, bahkan tanpa minimal pembelian.

Customer service berkomitmen memberikan pelayanan selama 24 jam.

Kategori barang yang cukup lengkap dan sistem pembayaran mudah.

Menyediakan pembelian tiket untuk event hobi tertentu.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi belanja online terbaik ini adalah:

Harga produk yang dijual relatif lebih mahal dibandingkan dengan aplikasi jualan online

Fitur free ongkir 

Masih banyak lagi aplikasi online yang dapat di gunakan oleh masyarakat dalam rangka mempermudah memenuhi kebutuhannya.