10 Hadis Populer Seputar Silaturahim

Daftar Isi

 Idul Fitri barusaja berlalu, sudah menjadi tradisi dan sekaligus mengamalkan hadist nabi Muhammad Saw dengan bersilaturohim atau halal bihalal.

Untuk itu kami sajikan beberapa dasar bersilaturohim atau halal BI halal.

Ustadz Ahmad Prayitno saat memberikan 
Tausiyah 

Berikut adalah 10 hadis tentang silaturahmi:

1.Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang memutuskan silaturahmi, maka tidak akan masuk surga" (HR. Bukhari)

2.Dari Abdullah bin Amr bin Al-‘Ash ra, Rasulullah SAW bersabda, "Rahmat Allah itu tidak akan turun kecuali kepada orang-orang yang suka berbuat kebaikan, dan tidak akan turun kepada orang-orang yang memutuskan silaturahmi" (HR. Tirmidzi)

3.Dari Abu Dzar ra, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang paling dicintai oleh Allah adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia, dan amal yang paling dicintai oleh Allah adalah silaturahmi yang dilakukan secara terus-menerus" (HR. Ahmad)

4.Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi" (HR. Bukhari)

5.Dari Abu Ayyub Al-Anshari ra, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah dua orang muslim saling berpisah selama lebih dari tiga hari, lalu jika bertemu seorang yang tidak saling menyapa yang lainnya, maka keduanya telah berbuat dosa" (HR. Bukhari)

6.Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada suatu amalan pun yang lebih dicintai Allah SWT selain dari menjaga hubungan silaturahmi" (HR. Bukhari)

7.Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, 'Barangsiapa yang menyambungkan silaturahmi, maka Aku akan menyambungkan kepadanya, dan barangsiapa yang memutuskan silaturahmi, maka Aku akan memutuskan darinya'" (HR. Bukhari)

8.Dari Abdullah bin Umar ra, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang muslim saling menjenguk ketika mereka sakit kecuali diangkat oleh Allah Ta'ala sembilan puluh sembilan derajat, dan setiap langkah mereka dihitung sebagai satu kebajikan, dan setiap kebajikan akan diganti dengan satu pahala, dan setiap dosa akan diganti dengan satu dosa" (HR. Muslim)

9.Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membuka pintu untuk silaturahmi, maka Allah akan membukakan pintu rezeki baginya, dan siapa yang memutuskan silaturahmi, maka Allah akan memutuskan pintu rezeki baginya" (HR. Bukhari)

10.Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang mempunyai banyak silaturahmi, niscaya mempunyai banyak umur dan rezeki yang berkah" (HR. Bukhari).