Kuatkan P5, SD Negeri 1 Pagerandong Gelar Nonton Film Sajen, Baksos dan Pesantren Kilat Mencari Bakat

Daftar Isi

PURBALINGGA (kangprayit.com) Dalam rangka menguatkan Proyek Profil Pelajar Pancasila, SD Negeri 1 Pagerandong Kecamatan Kaligondang Purbalingga menggelar Pesantren Kilat guna mencari bakat.

Prayitno,S.Pd.I Guru PAI SD Negeri 1 Pagerandong saat mendampingi jelang pembagian Baksos masyarakat sekitar oleh siswa pada Sabtu (08-04-23) foto:kangprayit.com

Rangkaian kegiatan Pesantren kilat yang di gelar mulai Hari Rabu sampai Sabtu (5-8 April 2023) di mulai dengan pembukaan pada oleh kepala sekolah di lanjutkan menonton film berjudul 'Sajen' fersi full dan dilanjutkan dengan materi akhlak.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah Hestin Widiyanti,S.Pd.SD.,M.Pd., menyampaikan "kegiatan ini kami berharap akan semakin tumbuh sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia, bekebhinekaan global, mandiri, Kreatif, dan bernalar kritis bagi siswa".

Prayitno,S.Pd.I saat memberikan materi akhlak menyampaikan Adab makan dengan keterangan yang lengkap "Adab Makan dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah, Makanan dan Minuman Halal, Cara Menghidangkan, Mencuci Tangan, Membaca Basmalah, Membaca Doa Sebelum Makan, Makan dengan Tangan Kanan, Duduk Tawadhu, Segera Makan Setelah Dihidangkan".

Dihari dari hari kedua kegiatan di mulai dengan sholat duha berjamaah dari siswa kelas satu sampai dengan kelas enam dan dianjurkan teknik mudah membuat kaligrafi untuk kelas 4 sampai 6 dan teknik mewarnai untuk kelas 1 sampai 3.

Tidak hanya materi hasil karya siswa juga di lombakan dan di ambil tiga terbaik masing-masing kelas.

Dihari ketiga kegiatan pesantren kilat di awali dengan jamaah sholat duha dan lomba -lomba dari kelas 1 doa-doa, kelas 2 lomba suratan pendek, kelas 3 lomba doa sholat, kelas 4, 5, 6, lomba adzan untuk siswa putra, dan siswa putri lomba praktek sholat.

Rangkaian dikegiatan dilanjutkan dengan pesantren kilat mencari bakat dengan lomba karoke religi diikuti oleh perwakilan dari kelas satu sampai enam dengan lagu wajib Rohmatal Lil 'alamin dari Maher Zein.

Pada puncak kegiatan di gelar buka bersama dengan rangkaian pembagian baksos ke masyarakat di sekitar sekolah serta yatim piatu, di lanjutkan sholat magrib berjamaah.(pray).