Sebutir Kurma atau Seteguk Air Selamatkan Kita dari Api Neraka?

Daftar Isi

PURBALINGGA (kangprayit.com) Dalam rangka meningkatkan dan menguatkan silaturahmi Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kaligondang menggelar tarwih dan silaturahim (Tarkhim) sepuluh diawali di Ranting Desa Sidanegara pada Sabtu (01-04-23).

"Saat Rosul Khutbah di akhir Sya'ban wahai umat manusia yang memiliki bekal keimanan  bahwa bulan romadlon adalah bulan yang memberikan keteduhan dan ketenangan kita, karena dibulan Ramadhan ada Lailatul qodar, yang mana keutamaannya kita tahu lebih utama dari seribu bulan". Tutur K.Umar Abdul Fatah Saat memberikan tausiyah Tarkhim di Mushola Alhikmah RT 01 RW 01 Desa Sidanegara.

Kyai Umar Abdul Fatah, Rois Syuriah MWCNU Kaligondang Purbalingga saat memberikan Tausiyah di Mushola Al-Hikmah Desa Sidanegara
foto: kangprayit.com

 Berikut ringkasan isi Tausiyah K.Umar Abdul Fatah Rois Syuriah MWCNU Kaligondang Purbalingga.

Bulan romadlon yang mana Alloh SWT mewajibkan Alloh mewajibkan umat manusia berpuasa di siang hari, susah patahnya minimal merasa lapar, agar kita menjadi orang yang bertaqwa sesuai dengan firman Allah SWT.

Alloh jadikan melakukan kesunahan di bulan romadlon, maka mendapatkan pahala ibadah sholat fadlu, sholat sunah apapun ada tahajud, dluha, maka terhitung pahalanya ibadah sholat wajib.

Barang siapa yang melakukan ibadah wajib di bulan romadlon itu ongkosnya seperti melakukan ibadah wajib tujupuluh kali diluar bulan romadlon, sholat Dzuhur sekali mendapat pahala tujupuluh sholat Dzuhur.

Wahuwa Syahrul shobar, dibuktikan dengan puasa dibulan romadlon dan balasannya syurga, siapa yang sabar 

Romadlon adalah bulan yang penuh dengan kasih sayang, maka dibulan romadlon tidak boleh keras- kerasan atau padu.

Romadlon bulan dimana rizkinya orang mukmin mendapatan tambahan dari Alloh SWT, bukti buka sahur seringnya masak otomatis banyak pengeluaran.

Barang siapa yang mau memberikan shodaqoh kepada orang puasa maka Alloh akan bebaskan dari api neraka dan orang tersebut akan diampuni oleh Alloh.

Orang yang memberikan minimal memberikan shodaqoh seteguk air atau sebutir kurma Alloh akan memberi ampunan dan dibebaskan dari api neraka. 

Yang memberikan makanan untuk buka puasa sampai kenyang maka Alloh akan memberinya minuman dari air telaga kausarnya Nabi Muhammad Saw, yang mana siapa yang meminumnya dalam perjalanan diakhirat tidak akan merasa kehausan.

Rohmat Alloh akan diberikan kepada orang yang ibadah di malam harinya romadlon dan paginya berpuasa romadlon.

Ibadah dibulan romadlon ini seakan-akan menjadi romadlon yang terakhir.

Alloh akan mengangkat hijab dengan hamba saat menjelang puasa maka berdoalah.

Bagi orang yang puasa di bulan romadlon memiliki doa yang tidak akan ditolak Alloh, meminta Rizqi halal, anak keluarga guyub rukun di sempatkan doa terutama menjelang  buka.

"Bertanyalah kalian semua karena orang bertanya akan mendapatkan empat keberkahan pertama berkah orang yang bertanya, orang yang menjawab, orang yang mendengarkan jawaban dan orang yang suka mendengarkan jawaban" pungkasnya.