sholawat munjiyat latin dan penjelasannya

Daftar Isi

Apa itu Sholawat Munjiyat Latin?

Sholawat Munjiyat Latin merupakan doa-doa penyejuk hati dan penyelamat hidup dari berbagai musibah yang ditulis dalam bahasa Latin. Sholawat ini terdiri dari beberapa doa seperti Doa Abu Darda, Doa Laa Ilaaha Illa Anta Subhaanaka Inni Kuntu Minadh Dholimin, dan Doa Al-Mathurat.

Doa-doa ini disusun oleh para ulama dan sulukusufi terdahulu sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon perlindungan dari berbagai penyakit, kesulitan, dan ujian dalam hidup.

Manfaat Sholawat Munjiyat Latin

Sholawat Munjiyat Latin mempunyai banyak manfaat bagi umat Islam yang mengamalkannya, di antaranya:

  • Sebagai sarana untuk memperoleh ridha Allah SWT
  • Sebagai penyejuk hati dan penghilang kegelisahan
  • Sebagai penyembuh berbagai penyakit fisik dan mental
  • Sebagai pelindung diri dari berbagai bahaya dan musibah yang mengancam

Doa Munjiyat Abu Darda

Salah satu doa dalam Sholawat Munjiyat Latin yang cukup populer adalah Doa Munjiyat Abu Darda. Doa ini diambil dari hadits shahih riwayat Imam Ahmad, Abu Daud, al-Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

Berikut adalah teks doa Munjiyat Abu Darda beserta terjemahannya:

Doa Munjiyat Abu DardaTerjemahan
Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni asaluka bi anna lakal hamda laa ilaaha illa anta wahdaka laa syarika laka almannanu badiu assamawati wal ardi ya dhaljalaali wal ikraami ya hayyuu ya qayyum ya zhal jalali wal ikraam, tasharraftu bika ya allahu wa bi haqqi hadzihil asmaai wa sifati allati laa yalamuha illallah wa laa tatsaluha illa rahamataka ya arhamarrahimin, an taghfirali dhunoobi wa an tudkhilani jannataka wa an tujawwizani sharral fasadi wal makaari wa an tuzhirani min kulli makhluqin ma yudhikuni wa yadhurruni ya allahu ya allahu ya allahu ya arhamarrahimin wa sallallahu ala sayyidina muhammadin wa ala alihi wa sahbihi ajmain, amin.Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan memuji-Mu, tidak ada Tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Mu, Yang Maha Pemurah, Pencipta langit dan bumi, Wahai Dzat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, Ya Hayyu Ya Qayyum, Wahai Dzat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan. Aku datang kepada-Mu Ya Allah dengan memohonkan hak Asma-Mu dan sifat-Mu yang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Engkau sendiri dan tidak ada yang meminta kepada-Mu kecuali dengan rahmat-Mu, Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih di antara segala yang pengasih. Aku memohon kepada-Mu agar Engkau mengampuni dosa-dosaku, masukkanlah aku ke dalam surga-Mu, dan lindungilah aku dari kejahatan yang terjadi di muka bumi, dan tampakkanlah kepada-Ku segala makhluk yang bisa memberi manfaat dan bahaya dan janganlah Engkau biarkan aku merasakan akibat buruk mereka. Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Wahai Tuhan yang maha pengasih. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada Nabi Muhammad saw, keluarga dan sahabatnya. Amin.

Doa Al-Mathurat

Doa Al-Mathurat adalah doa-doa pagi dan petang yang banyak diamalkan oleh umat Islam. Doa ini termasuk dalam Sholawat Munjiyat Latin dan diambil dari hadits Nabi Muhammad saw.

Berikut adalah teks doa Al-Mathurat beserta terjemahannya:

Doa Al-MathuratTerjemahan
Bismillahil-ladzi laa yadurru ma'as-mihi syai-un fil-ardi wa laa fis-samaa-i wahuwas-samii'ul-'aliim. (3x) Dengan nama Allah yang tidak ada sesuatupun di bumi dan di langit yang dapat membahayakan dengan nama-Nya Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (3x)
Alhamdulillahil-ladzi bi-ni'matihi tatimmush-shaalihaat. (1x)Semua puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. (1x)
Asyhadu allaailaaha illallaahu wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu. (10x)Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. (10x)
Subhaanallah. (33x)Maha Suci Allah. (33x)
Alhamdulillah. (33x)Semua puji bagi Allah. (33x)
Allaahu akbar. (33x)Allah Maha Besar. (33x)

FAQ:

Related video of Sholawat Munjiyat Latin: Doa Penyelamat Hidup dari Segala Musibah