sholawat nariyah lirik

Daftar Isi

Pengertian Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah merupakan salah satu jenis sholawat yang memiliki arti doa atau permohonan yang dilantunkan dengan tujuan memohon pertolongan, rahmat, dan berkah dari Allah SWT. Sholawat ini biasanya dilantunkan dalam berbagai acara seperti pernikahan, khitanan, maupun dalam acara keagamaan lainnya.

Sejarah Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah berasal dari bahasa Arab yaitu “nur” yang artinya cahaya atau sinar. Sholawat ini pertama kali diucapkan oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani untuk memohon perlindungan dan pertolongan Allah SWT dalam melindungi umat Islam dari bahaya kejahatan yang mengancam. Sejak itu, sholawat ini menjadi populer dan sering dilantunkan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Manfaat Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah memiliki banyak manfaat bagi umat Islam, di antaranya:

  • Memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT
  • Mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT
  • Menenangkan hati dan pikiran
  • Mendapatkan pahala dari Allah SWT
  • Mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan antar umat Islam

Cara Membaca Sholawat Nariyah

Langkah Pertama: Membaca Niat

Sebelum membaca sholawat, bacalah niat terlebih dahulu dengan ikhlas dan tulus. Niatkan membaca sholawat dengan tujuan memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT.

Langkah Kedua: Membaca Sholawat

Setelah membaca niat, bacalah sholawat dengan merdu dan khusyuk. Berikut adalah lirik sholawat Nariyah:

ArabLatinArti
اللَّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُومٍ لَكَAllahumma sholli sholaatan kaamilatan, wa sallim salaman taa manil-lazi tahmilu-hul-‘uqodu wa tanshifil-waba-u wat- tanaffusu bil-hablu war-rubo, wa tusqaa wal-ghomamu bi-wajhihil-kariimi ’alaa Sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi washohbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi-‘adadi kulli ma‘luumin laka.Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan salam yang utuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, yang dengan beliau terurai simpul-simpul persoalan, terpecahkan kesulitan, terkabul hajat, terwujud keinginan, dan tercipta hasil yang baik. Dan dengan wajah yang mulia inilah dimohonkan turun hujan kepada kami dan keluargasnya dalam setiap waktu dengan muqoddimah segala yang diketahui hanya oleh-Mu.

Langkah Ketiga: Menutup Sholawat

Setelah selesai membaca sholawat, tutup sholawat dengan doa yang ikhlas dan tulus. Memohon kepada Allah SWT agar segala permohonan dan doa yang telah dilantunkan dikabulkan oleh-Nya.

FAQ Tentang Sholawat Nariyah

Apa itu Sholawat Nariyah?

Sholawat Nariyah merupakan salah satu jenis sholawat yang memiliki arti doa atau permohonan yang dilantunkan dengan tujuan memohon pertolongan, rahmat, dan berkah dari Allah SWT.

Apa manfaat dari membaca Sholawat Nariyah?

Sholawat Nariyah memiliki banyak manfaat bagi umat Islam, di antaranya memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT, mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT, menenangkan hati dan pikiran, mendapatkan pahala dari Allah SWT, dan mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan antar umat Islam.

Bagaimana cara membaca Sholawat Nariyah?

Langkah pertama, bacalah niat terlebih dahulu dengan ikhlas dan tulus. Langkah kedua, bacalah sholawat dengan merdu dan khusyuk. Langkah ketiga, tutup sholawat dengan doa yang ikhlas dan tulus.

Related video of Sholawat Nariyah Lirik: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membaca