sholawat pengantar tidur terbaik

Daftar Isi

Sholawat pengantar tidur adalah salah satu cara yang digunakan umat Islam untuk menenangkan pikiran dan hati sebelum tidur. Sholawat pengantar tidur biasanya dibaca setelah melakukan shalat malam atau sebelum tidur.

Manfaat Sholawat Pengantar Tidur

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan membaca sholawat pengantar tidur, di antaranya:

1. Menenangkan Pikiran dan Hati

Dengan membaca sholawat pengantar tidur, pikiran dan hati akan menjadi lebih tenang dan damai. Hal ini karena sholawat adalah bentuk ibadah yang dilakukan dengan penuh keikhlasan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

2. Menghilangkan Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Dengan membaca sholawat pengantar tidur, seseorang dapat meredakan stres dan kecemasan yang dialaminya sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

3. Memperkuat Iman dan Ketaqwaan

Membaca sholawat pengantar tidur juga dapat memperkuat iman dan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT. Hal ini karena sholawat adalah bentuk doa yang dilakukan dengan penuh keikhlasan dan ketakwaan.

Cara Membaca Sholawat Pengantar Tidur

Berikut adalah cara membaca sholawat pengantar tidur:

1. Niatkan Membaca Sholawat

Seperti ibadah lainnya, sebelum membaca sholawat pengantar tidur, seseorang harus niat terlebih dahulu untuk membaca sholawat tersebut dengan tujuan mencari ridha Allah SWT.

2. Duduk di Tempat yang Tenang

Sebaiknya seseorang membaca sholawat pengantar tidur di tempat yang tenang dan tidak terganggu oleh suara-suara yang bisa mengganggu konsentrasi.

3. Baca Dengan Khusyuk

Saat membaca sholawat pengantar tidur, sebaiknya membaca dengan khusyuk dan penuh perhatian. Konsentrasikan pikiran pada makna dan arti dari sholawat tersebut.

4. Baca dengan Tajwid yang Benar

Agar sholawat pengantar tidur lebih merdu dan enak didengar, sebaiknya seseorang membaca dengan tajwid yang benar.

Contoh Sholawat Pengantar Tidur

Berikut adalah contoh sholawat pengantar tidur yang bisa seseorang baca:

No.Judul SholawatArti
1.Sholawat Thibbil QulubSholawat yang membersihkan hati dan menjernihkan pikiran
2.Sholawat NariyahSholawat yang bisa menghilangkan segala macam kesulitan dan kesengsaraan
3.Sholawat MunjiyatSholawat yang membawa keselamatan dunia dan akhirat

1. Sholawat Thibbil Qulub

Sholawat Thibbil Qulub adalah salah satu sholawat pengantar tidur yang membantu membersihkan hati dan menjernihkan pikiran. Berikut adalah teks sholawat Thibbil Qulub:

Allahumma yaa muqallibal quluub thabbit qalbi 'alaa diinika

Artinya:

Ya Allah, wahai pemilik hati, tetapkan hatiku dalam keimanan kepada-Mu

2. Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah adalah sholawat pengantar tidur yang bisa digunakan untuk menghilangkan segala macam kesulitan dan kesengsaraan. Berikut adalah teks sholawat Nariyah:

Allahumma innii as'aluka bihaqqis-saaimiina nariyati wa shiddatil-mashaakhiirina 'alaa biniika an yakhrija min maqaidihil-ahwaali walmakruubiina ilaa maqaasidir-rahmati wal-ridwaani ya arhamar-raahimiina

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan hak orang-orang yang berpuasa dan dengan kekuatan orang-orang yang merindukan keberadaan-Mu agar Engkau keluarkan kami dari kesulitan dan kesedihan kepada tempat yang penuh dengan rahmat dan keridhaan, ya Allah yang Maha Pengasih

3. Sholawat Munjiyat

Sholawat Munjiyat adalah sholawat pengantar tidur yang membawa keselamatan dunia dan akhirat. Berikut adalah teks sholawat Munjiyat:

Allahumma yaa dhal-jalaali wal-ikraam, yaa dzal-mann wa laa yumannu 'alayh, yaa dzaa'irana anil makruubiina, yaa ghiitsal mustaghiitsiina, yaa rahmaanad dunyaa wal-aakhirati, yaa rahimahuma, yaa rahmanar-raahimiina, yaa arhamar-raahimin, yaa ilahanaa wa ilahan kulli syaiiin, yaa kariimal akhlaqi wa khaliqal a'fali, yaa qowiyyal muwahhidiina, yaa awwalal awwaliina wal-aakhirina, as'aluka bihaqqi kulli maa sya'ta min kalamika wa kulli maa sya'ta min amrik, an tushalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihi wa sallim tasliiman kathiran, wa an tusalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihi wa sallim tasliiman kathiran, wa an tudkhilanaa jannatak bi rahmatika ya arhamar-raahimiina

Artinya:

Ya Allah, wahai pemilik kebesaran dan kemuliaan, wahai pemilik karunia yang tidak ada yang bisa memberikan karunia selain-Mu, wahai pelindung orang-orang yang tertindas, wahai penyelamat orang-orang yang meminta pertolongan-Mu, wahai Maha Pemurah di dunia dan akhirat, wahai Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, wahai Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, wahai Pemilik akhlak yang mulia dan Pencipta segala perbuatan, wahai Yang Maha Kuat dan Maha Menyatukan, wahai Yang Pertama dari segala yang ada sebelum dan sesudah, aku memohon kepada-Mu dengan hak segala yang Engkau kehendaki dari ucapan-Mu dan perbuatan-Mu, agar Engkau memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya sebanyak-banyaknya, dan agar Engkau masukkan kami ke dalam surga-Mu karena rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Penyayang

FAQ

Related video of Sholawat Pengantar Tidur