Menusuk Hati, Berikut Isi Tausiyah Rois Syuriah MWCNU Kaligondang

Daftar Isi

PURBALINGGA(kangprayit.com) Kegiatan Halal BI Halal MWCNU Kecamatan Kaligondang Purbalingga Jawa tengah ditutup dengan Mau'idotul Hasanah oleh Rois Syuriah MWCNU Kaligondang.

Kyai Umar Abdul Fatah Rois Syuriah MWCNU Kaligondang Purbalingga Jawa Tengah pada Acara Halal BI Halal MWCNU Kecamatan Kaligondang
pada Jumat(05-05-23) foto: kangprayit.com

Berikut Mau'idotul Hasanah yang disampaikan oleh Rois Syuriah MWCNU Kaligondang Kyai Umar Abdul Fatah pada Acara Halal BI Halal di Gedung MWCNU Kaligondang yang menusuk hati, disampaikan pada, Jumat (05-05-23).

Rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan adalah mendapatkan Maghfiroh dari Allah namun jika kesalahan dengan manusia belum dimaafkan jika belum saling minta maaf.

Beliau menuqil ayat Al Qur'an.

وَلْيَعْفُوا۟ وَلْيَصْفَحُوٓا۟ ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ ٱللَّهُ لَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Arab-Latin: Wa lā ya`tali ulul-faḍli mingkum was-sa'ati ay yu`tū ulil-qurbā wal-masākīna wal-muhājirīna fī sabīlillāhi walya'fụ walyaṣfaḥụ, alā tuḥibbụna ay yagfirallāhu lakum, wallāhu gafụrur raḥīm

Artinya: Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Alloh akan mengampuni kesalahan sesama jika ada ikrar saling memaafkan dan bersalaman.

Istimewa mana orang yang mengampuni dan yang memohon maaf, Ali Imron ayat 133 menyebutkan tanda tanda orang yang bertaqwa.

Al mutaqin diantaranya tanda orang yang bertaqwa adalah orang yang memaafkan orang lain, sehingga orang yang lebih istimewa adalah orang yang memberi maaf.

3 hal yang memiliki hak yang sama antara muslim dan non muslim, 1 kepada siapapun orang yang kita jajikan kebaikan maka penuhilah janji tersebut karena janji itu adalah urusan dengan Alloh.

Penuhilah janji kalian semua karena sesungguhnya janji itu kelak akan di mintai pertanggungjawabannya, sebagaimana janji kita saat pelantikan menjadi pengurus NU .

Kedua, siapa yang diantara kita yang ada kerabat maka di eratkan kerabat sebagaimana saudara kita tua muhammadiyah harus kita jaga hubungan agar terus terjaga erat.

Orang yang memberikan amanah kepada kita maka penuhilah amanatnya. Sebagaimana amanat kepada kita berkhidmah dalam organisasi semoga mberkahi kita.

Rizqi yang ada di dalam organisasi adalah dengan kebersamaan dan silaturohim yang baik sehingga MWCNU Kaligondang memiliki gedung dan tanah milik MWCNU Kaligondang.

Hakikat silaturahim silah dan warohmah lemah lembut dalam bertutur kata sebagaimana lemah lembut artinya lebuh dalam orang Jawa sehingga jika diantemaken pasti lembut.

Jika lemah besar namanya lungkan jika di hantamkan tentunya sakit sehingga kita harus menjaga untuk lebih rukun guyub.

Monggo untuk seluruh ranting dan banom untuk menyempatkan hadir di pengajian Ahad pagi terlebih besok di kembaran wetan untuk dapat membawa warganya.

Sampai nabi tidak mau duduk dengan orang yang tidak mau silaturahim apalagi memutuskan silaturahim.

Jangan sekali-kali duduk dengan kami yang saat ini masih menyimpan rasa benci dan dendam memutuskan silaturahmi karena sesungguhnya rahmat Allah tidak akan turun disuatu tempat jika didalamnya ada orang memutuskan silaturahim.

Sesungguhnya memutuskan silaturahmi termasuk dosa besar karena menjadi sebab orang yang duduk dengan orang memutuskan silaturahmi tidak mendapat rahmat Allah.(Abi Vella)