Pertahankan Karakteristik , 300 Guru Madin Mengikuti Diklat Baca Tulis Arab Pegon

Daftar Isi

 PURBALINGGA- Dalam rangka meningkatkan kompetensi Guru Madrasah Diniyah (Madin), sekaligus menyambut hari santri Nasional tahun 2023 serta mempertahankan ciri khas atau Karakteristik, DPC FKDT Kabupaten Purbalingga menggelar Diklat Baca Tulis Arab Pegon, pada, Ahad (13-08-23).

Kiyai Mujib Hidayat saat memberikan materi Diklat Baca Tulis Arab Pegon di Aula Uswatun Hasanah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Purbalingga pada Ahad (13-08-23) foto:kangprayit.com

Hadir dalam kegiatan Plt. Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Kantor Kementrian Agama, Kyai Mujib Hidayat selaku pemateri, Kepala Seksi PD Pontren, Ketua FKPP, BADKO LPQ.

Dalam sambutannya ketua Panitia sekaligus Ketua DPC FKDT Purbalingga, Maful Hidayat,S.Pd.I.,M.Pd., mengatakan "kegiatan ini dalam rangka menyambut hari santri nasional tahun 2023 sekaligus guna melestarikan ciri khas Madin".

"kegiatan ini kita akan belajar langsung dengan pengarang kitab (mushanif) Al Itqon Pedoman Maca lan Nulis Arab Pegon asli dari kota Pekalongan, sebagai guru Madin tentunya sangat penting untuk memiliki kemampuan baca dan tulis Arab Pegon, karena bagi madrasah Diniyah, Arab Pegon ini adalah ruh yang perlu kita lestarikan" ujarnya.

Selain itu beliau berharap bisa diikuti sampai selesai dan kompetensi meningkat serta dapat ditularkan ke santri.

Ketua Menuturkan, Pemateri Kyai Mujib Hidayat beliau merupakan ketua dewan kode etik DPW FKDT Jateng, ketua DPC FKDT Kota Pekalongan, juga pengasuh Pondok Pesantren, Dosen UIN Gusdur Pekalongan, Guru Madin, Pengarang kitab Al Itqon Pedoman Moco lan Nulis Arab Pegon.

Sambutan Kepala Kantor Kementrian Agama Purbalingga yang diwakili Kasubag TU H.Syarif Hidayat,M.SI beliau menyampaikan "Sebuah daerah akan lebih maju kalau sastranya bagus seperti di Irak, Arab Pegon merupakan akulturasi budaya yang sangat bagus yang sudah dibuat oleh ulama Nusantara terdahulu sehingga melestarikan baca tulis Arab Pegon ini suatu hal yang sangat baik dan bagus".

Bupati Purbalingga yang di wakili oleh asisten 1 Bupati Purbalingga menuturkan, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung penuh "Bupati ikut membantu pembiayaan kegiatan ini walau sedikit, kegiatan seperti inilah yang salah satunya akan bisa mewujudkan visi misi Purbalingga".pray